Tiga Quick Count Unggulkan Pasangan Anton - Sutiaji

Jumat, 24 Mei 2013 - 08:33 WIB • Dibaca 2,842 kali

Abah Anton – Foto: Malang Post

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Sesuai prediksi Malang Post, Pemilukada Kota Malang secara langsung yang ketigakalinya kemarin, hanya ‘diikuti’ tiga pasangan. Yakni pasangan Sri Rahayu – Priyatmoko Oetomo (SR-MK), Heri Pudji Utami – Sofyan Edi Jarwoko (DADI) dan Moch Anton – Sutiaji (AJI).

Baca Juga

Sedang lainnya, Dwi Cahyono – Muhammad Nur Uddin (Dwi – Uddin), Mujais – Yunar Mulya (Ra-Ja) dan Agus Dono – Arif HS (DOA) hanya sekadar jadi ‘simpatisan’.

Paling tidak dari tiga hasil perhitungan cepat (quick count), hingga berita ini ditulis, ketiga kontestan itulah yang meraih suara cukup signifikan. Meski secara keseluruha, perhitungan cepat itu menempatkan pasangan Moch Anton – Sutiaji (AJI), sebagai pemenang.

Tiga lembaga yang melakukan perhitungan cepat, Lingkaran Survey Indonesia (LSI), FISIP UMM dan Lapora UB, melansir angka 46-48 persen untuk kemenangan calon yang diusung PKB dan Gerindra tersebut. Itu berarti, rasa-rasanya tinggal menunggu kepastian dari hasil real count saja, untuk Abah Anton – panggilan akrab Moch Anton – menuju Ijen 2, rumah dinas Wali Kota Malang.

Di posisi kedua, calon yang digadang-gadang PDI Perjuangan, Sri Rahayu – Priyatmoko Oetomo (SR-MK) hanya mampu mengumpulkan 21-22 persen suara. Sementara istri Wali Kota Malang, Heri Pudji Utami yang berpasangan dengan Sofyan Edi Jarwoko (DADI), meraih 18 persen suara.

Sedangkan tiga pasangan calon lain, Dwi – Uddin meraih 5 persen suara, DOA mendapatkan 3 persen suara dan pasangan Ra-Ja hanya bisa meraup 2 persen suara.

Manajer Riset LSI, Setia Darma menyebut, sukses Abah Anton meraih suara terbanyak tak lepas dari keberhasilan pasangan ini menggaet swing voters (masa mengambang) sebesar 54,2 persen.

‘’Juga menggaet undecided voters atau pemilih yang merahasikan suaranya sebanyak 39,8 persen,’’ tegas Setia Darma, ketika merilis hasil surveynya kemarin.

Dari data per kecamatan, kemenangan tertinggi Abah Anton berada di Lowokwaru sebesar 57,43 persen. Kecamatan itu merupakan homebase pengusaha Tionghoa muslim itu. Adapun kemenangan terendah berada di Kecamatan Blimbing sebesar 43,06 persen.

‘’Dengan demikian, Abah Anton bisa melawan dua kekuatan besar yang berebut satu ladang, yakni Heri Pudji Utami dan Sri Rahayu,’’ jelasnya.

Quickcount LSI sendiri menggunakan metode SMS dengan kode tertentu ke SMS Center. Mereka menyebar relawan ke 223 TPS dari total 1202 TPS se Kota Malang. Persentase kemenangan AJI sendiri dengan sampling error satu persen, bisa turun atau naik.

Sedangkan, Direktur Strategis Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Agus Budi Prasetyo Hadi juga menambahkan, sesuai survei sebelumnya, warga Kota Malang ternyata juga tak puas dengan kinerja walikota sebelumnya. Padahal, walikota merupakan representasi dari Heri Pudji Utami.

‘’Indeks ketidakpuasan terhadap walikota mencapai 47 persen,’’ imbuhnya.

Kemunculan dua calon walikota perempuan sendiri, tak menjadi harapan warga Malang. Kata Budi sapaan akrabnya, sebagian besar masyarakat lebih menginginkan pemimpin seorang laki-laki. Walaupun masih bisa menerima jika dipimpin perempuan, 67,3 persen. ‘’Abah Anton menang karena masyarakat idamkan pemimpin laki-laki,’’ ujarnya.

Faktor kedua adalah keinginan munculnya sebuah perubahan, yakni dengan pemimpin baru. Diakui untuk keterkenalan, Heri Pudji Utami lebih unggul daripada Abah Anton, 91 persen. Namun, untuk tingkat kesukaan, ternyata masyarakat lebih menyukai Abah Anton.

‘’Tagline Peduli Wong Cilik cukup efektif. Itu ditunjukkan pula dengan sikapnya yang banyak berbuat untuk masyarakat kecil. Tinggal nanti komitmennya untuk masyarakat kecil yang harus diawasi rekan media semua,’’ urai Budi.

Terpisah, pasangan Abah Anton, Sutiaji kepada Malang Post, membenarkan perhitungan tersebut.

‘’Kami sudah tahu kondisi itu dan berhasil menggaet masa mengambang diatas 52 persen,’’ ujar Sutiaji.

Ditemui di Hotel Santika, Sutiaji mengakui bahwa selama ini posisi AJI dianggap sebagai kuda hitam. Namun, kepastian menang sudah diketahui dengan hitungan dan survei terdahulu.

‘’Dalam survey sebelumnya, Aji menang 31 persen, SR-MK 12,7 persen dan Da-Di 11,6 persen,’’ tegas Politisi PKB ini.

Pengamat dan guru besar Universitas Brawijaya (UB), Prof Ahmad Erani berpendapat, masyarakat Kota Malang sudah cukup cerdas untuk memilih pemimpinnya.

Terbukti pasangan calon yang dianggap cerminan rezim lama tidak mendapatkan suara mayoritas. Justru sosok baru muncul dan mencuri hati masyarakat yang sudah sangat menginginkan adanya perubahan.

Menurut guru besar termuda UB ini, hasil pilkada Kota Malang kemarin menjadi cermin dari akumulasi dua hal.

Pertama, masyarakat Malang merasa 10 tahun ini Kota Malang mengalami perkembangan ekonomi, tapi hanya mampir untuk golongan menengah ke atas. Sebaliknya, masyarakat bawah tidak memeroleh manfaat yang besar.

‘’Masyarakat menginginkan adanya perubahan, sementara pasangan calkon tertentu dianggap cerminan dari rezim lama yang tidak akan menguntungkan bagi mereka,’’ ungkap Erani.

Ia berpendapat masyarakat menganggap bahwa pasangan Dadi mewakili kelompok lama. Sehingga ada kecenderungan untuk tidak memilih dengan harapan ada perubahan.

Hal yang kedua menjadi penyebab kemenangan AJI adalah diuntungkan oleh perpecahan PDIP yg konstituennya lari ke Dadi dan SR-MK. Inilah yang dimanfaatkan secara bagus oleh AJI untuk meraup keuntungan.

Dan hal lain lanjutnya kalangan terpelajar di Malang tidak suka dengan praktik nepotisme dalam politik, sehingga tidak memberikan suara ke Dadi.

Sementara itu, Kapolres Malang Kota, AKBP Teddy Minahasa Putra meminta siapapun yang menang dalam pilkada Kota Malang tersebut, harus didukung oleh semua pihak.

‘’Siapapun yang menang adalah kemenangan seluruh warga Kota Malang. Dan harus didukung oleh semua pihak. Karena tidak ada suatu peristiwa yang tanpa izin Allah SWT,’’ katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • wiro

    selamat untuk yang terpilih

  • Jojo Shinta

    HOT PROMO FREECHIP 10.000 FUNPOKER88,COM

    PROMO FREECHIP Rp 10.000,- Buat 5000 Member Baru FUNPOKER88,COM Dengan Ketentuan Sebagai Berikut :

    —————————————————————————————–

    1.Promo Hanya Berlaku Untuk Member Baru FUNPOKER88,COM per Tanggal 5 NOV 2015

    2.Member Baru Wajib Melakukan min depo 20.000 (20.000 + 10.000) Freechip Hanya 10.000 Tidak Berlaku Kelipatan

    3.Untuk melakuan Withdraw min Turn over Harus nilai deposit + 2 x nilai freechip..

    Contoh : DP 20.000 + freechip 2 x 10.000 = 40.000, setelah TO Anda 40.000 anda bisa melakukan Withdraw

    4.Konfirmasi Terlebih Dahulu ke Livechat Kami Untuk Ketersediaan Freechip Sebelum Anda Melakukan Deposit

    5.Peraturan dan Ketentuan Management FUNPOKER88,COM Adalah Mutlak dan Bisa Berubah Sewaktu waktu Tanpa Pemberitahuan

    Selamat Bermain di FUNPOKER88,COM dan Semoga Beruntung !!!..

    BB : 56196A5F

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs