Empat Ribu E-KTP Warga Kota Malang Belum Diambil

Kamis, 23 Mei 2013 - 10:09 WIB • Dibaca 555 kali

Foto: Malang Post

BLIMBING, MALANGRAYA.info – Ribuan KTP milik warga masih ngendon di Kantor Kecamatan Blimbing. Padahal, cetakan KTP itu adalah hasil dari program E-KTP terdahulu. Sekitar 4000 warga belum mengambil karena masih berada di luar kota.

Baca Juga

Di Kecamatan Blimbing, ribuan KTP tersebut masih disimpan rapi oleh petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) setempat. Mereka ditugaskan Dinas untuk berkantor di kecamatan, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat Blimbing.

“Awalnya KTP ini sudah kami distribusikan ke RW hingga tingkat RT, kemudian dikembalikan ke sini,” kata Edy Wahyono staff Dispendukcapil di Blimbing.

Sesuai pendataan dari Dispendukcapil, rupanya ribuan warga masih berada di luar kota. Bahkan ada juga yang masih berada di luar pulau dan luar negeri. Sebagian besar merupakan tenaga kerja yang mencari rezeki di sana.

“Beberapa hari lagi, kami akan kirimkan undangan agar segera diambil ke kantor kecamatan,” imbuh Edy, sapaan akrabnya.

Selain menunggu pengambilan KTP, pihaknya juga melayani perbaikan KTP. Perbaikan KTP oleh warga, disertai banyak alasan. Misalnya, ketika pemotretan E-KTP belum menikah. Namun setelah KTP terlanjur tercetak, mereka rupanya telah melangsungkan pernikahan.

”Kami juga melayani warga yang menyusul foto E-KTP,” kata dia.

Warga yang menyusul foto E-KTP, kebanyakan adalah penduduk pemula. Disebut demikian, karena mereka baru memasuki usia wajib KTP. Rata-rata adalah para siswa SMA, berusia di atas 17 tahun.

”Selain para siswa, ada juga warga Kota Malang yang bekerja di luar kota, kemudian menyusul foto E-KTP,” jelasnya.

Ada sejumlah problem yang belum bisa diselesaikan program E-KTP. Yakni sidik jari para orang tua, kebanyakan tak bisa terekam dalam komputer. Lantaran terlalu tua, garis-garis sidik jari itu tak bisa dideteksi alat sidik jari.

”Setiap hari, kami melayani sekitar 40 sampai 50 warga yang foto E-KTP,” tandasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs