Usai Coblosan, PNS Tetap Wajib Masuk Kerjas

Kamis, 23 Mei 2013 - 09:35 WIB • Dibaca 504 kali

ILUSTRASI – Foto: setkab.go.id

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Para PNS Pemkot Malang wajib masuk kerja pada hari Jumat (24/5) besok. Sebab, surat edaran Walikota Malang terkait libur coblosan, hanya berlaku satu hari saja, Kamis (23/5), sehingga tak ada hari ”kejepit” sebagai alasan untuk tidak masuk kerja.

Baca Juga

Menurut Kepala Inspektorat Kota Malang Sugiarto, pihaknya akan meminta laporan dari SKPD. Jika ada yang membolos, tentu tindakan diserahkan kepada atasan langsung PNS tersebut. Penindakan sesuai dengan ketentuan dalam PP no. 53 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). ”Saya rasa tak perlu imbauan, karena hari Jumat itu wajib masuk kerja, jadi itu kewajiban PNS,” tegasnya kepada Malang Post.

Sugiarto yakin, para PNS Pemkot Malang tertib masuk kerja pada Jumat besok. Hal itu terlihat dari tren positif para PNS selama bekerja beberapa hari terakhir. Pantauan Inspektorat, PNS Pemkot Malang tertib masuk kerja hingga waktu yang dijadwalkan.

”Lihat saja, sore masih banyak PNS yang masih berada di tempat kerja, itu menunjukkan disiplin mereka,” imbuhnya.

Kendati demikian, bukan berarti Sugiarto tak melakukan pemantauan pada Jumat besok. Pihaknya akan memantau, sekaligus meminta laporan absensi dari setiap SKPD. Dia yakin, masih ada satu atau dua PNS yang nekat tak masuk kerja.

”Yang tidak masuk kerja tanpa izin, kita sebut oknum-oknum saja, satu dua masih ada lah,” katanya.

Sesuai PP 53, imbuh Sugiarto, penindakan PNS indisipliner dilakukan langsung oleh atasan. Inspektorat baru turun ketika sudah ada surat resmi dari SKPD yang bersangkutan. Sampai saat ini, minim sekali kasus seperti itu yang tidak bisa diatasi oleh SKPD.

”Belum sampai ke inspektorat, PNS yang indisipliner masih bisa ditangani SKPD sendiri,” ujar dia.

Selain PNS membolos, pernah terjadi kasus indisipliner yang melibatkan PNS Kota Malang. Yang terakhir adalah kasus perselingkuhan salah satu pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Malang. Penindakan kasus seperti itu, selalu merujuk kepada aturan yang berlaku.

”Kita terapkan sesuai aturan, dan selama itu tidak bisa langsung dikenai sanksi, karena ada jenjangnya,” tandas dia.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs