Proyek Saluran Air Sumber Umbulan Harus Diawasi

Kamis, 23 Mei 2013 - 09:24 WIB • Dibaca 952 kali

Foto: Malang Post

LAWANG, MALANGRAYA.info – Tetap dikerjakannya pemindahan pengadaan atau proyek peningkatan saluran dari Sumber Umbulan ke Sumber Krabyakan di Desa Sumberngepoh, Kecamatan Lawang, mengundang reaksi anggota dewan. Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Malang, Imam Syafii, meminta agar SKPD ekstra hati-hati dalam melakukan pengawasan pengadaan.

Baca Juga

Sehingga, masalah lama yang sempat mencuat di kabupaten seperti Kigumas, tidak sampai terulang kembali. Perkara itu terjadi karena pengalihan anggaran dari alokasi untuk pemberdayaan petani ke lokasi lain.

“Kalau melihat pengadaan (peningkatan saluran) yang besarnya sekitar Rp 165 juta dan memakai anggaran DAK pelaksanaan ini seharusnya tidak bisa dipindahkan. Mengingat, dana atau bantuan ini turun berdasarkan dari pengajuan. Sehingga, harus dikerjakan sesuai dengan pengajuan,” ungkap Syafii di sela monitoring dan evaluasi di Kecamatan Lawang.

Jika kondisi tersebut tetap dilaksakan dikhawatirkan akan memunculkan masalah baru. Karenanya, agar dalam setiap melaksanakan pengadaan, dinas terkait bisa ekstra hati-hati dan tidak sembarangan.

“Apa yang diajukan dan dialokasi, seharusnya sesuai dengan yang dikerjakan,” tambahnya.

Terkait dengan pengerjaan pengadaan sampai kemarin tetap berlangsung. Bahkan, untuk pengerjaan ditarget tetap sesuai dari rencana semula yakni menggarap saluran air dengan panjang sekitar 185 meter. Sementara lokasinya, di sisi jalan menuju ke Sumber Air Krabyakan.

“Mengenai pengalihan pelaksanaan pengadaan, sebenarnya dari desa yang meminta dilakukan pemindahan. Dengan pertimbangan, di Sumber Umbulan sudah tidak ada yang perlu dilakukan pengerjaan. Makanya, nanti akan dibuatkan berita acara saat pelaksanaan telah rampung,” kata Kepala Desa Sumberngepoh, Hariatmo.

Dinas Pengairan Kabupaten Malang, dikonfirmasi terpisah masalah itu, mengatakan kalau pihaknya masih mengkoordinasikan dengan stafnya di lapangan. Pemindahan pelaksanaan dari Sumber Umbulan ke Sumber Krabyakan, menurutnya bukan pemindahan.

“Itukan masih dalam satu desa. Karenanya, akan kita lihat dahulu apa yang menjadi permasalahannya,” ungkap Kabid Pembangunan, Jornalis.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs