Hasil UN SMA Diumumkan Besok

Kamis, 23 Mei 2013 - 08:52 WIB • Dibaca 1,041 kali

ILUSTRASI – Foto: ist

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Kota Malang memastikan pengumuman Ujian Nasional (UN) jenjang SMA sederajat, dilaksanakan Jumat (24/5) besok. Meski pun hingga siang kemarin, undangan dari Dikbud Provinsi belum juga diterima oleh Dikbud Kota Malang.

Baca Juga

‘’Sejauh ini belum ada perubahan jadwal pengumuman. Kami yakin kalau pengumumannya sesuai prosedur operasional standar (POS) yaitu pada 24 Mei besok,’’ ungkap Kepala Dikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM kepada Malang Post.

Seharusnya, kata dia, undangan dari propinsi untuk mengambil nilai UN sudah diterima kemarin. Dan pada H-1 pengumuman, Kamis hari ini, Dikbud dari seluruh kota di Jatim berkumpul di Surabaya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA, Tri Suharno M.Pd menuturkan, meski ada keterlambatan undangan, namun ia juga merasa yakin kalau pengumuman UN SMA akan dilaksanakan sesuai jadwal.

Sekolah bahkan sudah memberikan undangan kepada orang tua siswa untuk mengambil pengumuman kelulusan pada Jum’at besok pukul 13.30 WIB.

‘’Seluruh kepala SMA negeri sudah sepakat untuk menerapkan aturan yang sama terkait rencana pengumuman UN besok,’’ kata Tri.

Beberapa poin yang diatur dalam kesepakatan tersebut diantaranya, pertama, menganjurkan siswa melakukan sujud syukur, menyantuni atau sedekah unntuk anak yatim dan fakir miskin setelah pengumuman kelulusan.

Kedua, tidak melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri atau orang lain. Misalnya corat-coret baju dan fasilitas umum. Jika siswa ingin mengekspresikan kegembiraannya, sekolah menyediakan kain sebagai tempat corat-coret.

Ketiga, dilarang konvoi di jalan raya, jika melanggar pihak kepolisian akan langsung menindak atau menilang sesuai dengan aturan yang berlaku.

‘’Yang akan diundang ke sekolah adalah orang tua. Kami sudah memberi pesan khusus kepada anak-anak agar berperilaku tertib,’’ ujarnya.

Sementara itu Kemdikbud RI dalam rilisnya menuturkan Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (PIH) Kemdikbud Ibnu Hamad, memenuhi panggilan Ombudsman RI terkait penyelenggaraan ujian nasional (UN).

Ibnu Hamad diterima anggota Ombudsman Bidang Penyelesaian Laporan atau Pengaduan Budi Santoso, pada Rabu pagi, (22/5), di kantor Ombudsman, Kuningan, Jakarta.

Budi Santoso menjelaskan, hingga saat ini Ombudsman RI menerima laporan dan pengaduan masyarakat mengenai penyelenggaraan UN yang datang dari delapan provinsi, yaitu Jawa Barat, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), dan DKI Jakarta.

Sebagian besar pengaduan tersebut seputar keterlambatan distribusi naskah UN, kualitas lembar jawaban UN yang buruk, kekurangan soal, dan kesalahan memasukkan naskah ke amplop soal.

Selain itu, laporan mengenai bocoran kunci jawaban juga diterima Ombudsman dari tiga provinsi, yaitu Jawa Timur, NAD, dan Jawa Barat. Ombudsman juga meminta penjelasan tentang proses tender percetakan dan alasan UN hanya ditunda di 11 provinsi, tidak di semua provinsi.

Ibnu Hamad pun menjelaskan alasan teknis di PT Ghalia Indonesia Printing yang menyebabkan keterlambatan distribusi naskah. Karena itu, Mendikbud Mohammad Nuh beserta Wamen Bidang Pendidikan Musliar Kasim dan Kepala Badan Litbang Khairil Anwar Notodiputro telah turun langsung ke lapangan untuk mengawal proses pengepakan dan distribusi naskah mulai Jumat malam (12/5), tiga hari sebelum UN tingkat SMA berlangsung. Ibnu juga menerangkan kronologi proses tender percetakan naskah UN.

Kemudian terkait bocoran kunci jawaban, ia menerangkan, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menjamin soal-soal UN di zona tengah, yaitu di 11 provinsi yang naskahnya dicetak PT Ghalia Indonesia Printing, berbeda dengan soal di zona lain. Selain itu, terdapat 20 varian soal untuk satu kelas dalam UN, yang diambil dari 30 varian soal. ‘’Isu kebocoran terkendali, karena jaminan dari BSNP,’’ ujarnya.

Sedangkan alasan UN tetap diselenggarakan tepat waktu di 22 provinsi lainnya adalah supaya tidak semakin banyak peserta UN yang terganggu akibat penundaan jadwal. ‘’Kalau ditunda seluruhnya, masalah akan lebih besar lagi,’’ jelas Ibnu.

Profesor ilmu komunikasi itu menambahkan, ditinjau dari sisi ilmu kehumasan, Kemdikbud telah melakukan empat hal yang perlu dilakukan humas dalam manajemen krisis. Pertama, meminta maaf. “Pak menteri telah berulang kali meminta maaf di media,” katanya. Kedua, ganti rugi. Ibnu mengatakan BSNP telah menjamin bahwa dalam proses pemindaian dan kelulusan, siswa tidak akan dirugikan. Ketiga, menjalankan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab institusi. Dalam hal ini Kemdikbud telah berupaya melaksanakan seluruh tahapan pelaksanaan UN, baik UN tingkat SMA maupun SMP, sehingga UN dapat terselenggara dengan baik. Keempat, recovery, yaitu memberi jaminan mengenai keabsahan UN, dengan memegang pernyataan dari BSNP bahwa UN 2013 dinyatakan sah atau absah.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Jojo Shinta

    HOT PROMO FREECHIP 10.000 FUNPOKER88,COM

    PROMO FREECHIP Rp 10.000,- Buat 5000 Member Baru FUNPOKER88,COM Dengan Ketentuan Sebagai Berikut :

    —————————————————————————————–

    1.Promo Hanya Berlaku Untuk Member Baru FUNPOKER88,COM per Tanggal 5 NOV 2015

    2.Member Baru Wajib Melakukan min depo 20.000 (20.000 + 10.000) Freechip Hanya 10.000 Tidak Berlaku Kelipatan

    3.Untuk melakuan Withdraw min Turn over Harus nilai deposit + 2 x nilai freechip

    Contoh : DP 20.000 + freechip 2 x 10.000 = 40.000, setelah TO Anda 40.000 anda bisa melakukan Withdraw

    4.Konfirmasi Terlebih Dahulu ke Livechat Kami Untuk Ketersediaan Freechip Sebelum Anda Melakukan Deposit

    5.Peraturan dan Ketentuan Management FUNPOKER88,COM Adalah Mutlak dan Bisa Berubah Sewaktu waktu Tanpa Pemberitahuan

    Selamat Bermain di FUNPOKER88,COM dan Semoga Beruntung !!!

    BB : 56196A5F

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs