Jalan Patimura Satu Arah, Lalulintas Lancar

Kamis, 23 Mei 2013 - 08:24 WIB • Dibaca 1,010 kali

Foto: Malang Post

BATU, MALANGRAYA.info – Perubahaan jalur lalu lintas baru di Jalan Patimura Atas Kota Batu menjadi satu arah, Rabu (22/5) mulai diberlakukan. Kendati awalnya sempat krudit (dari arah Malang) lantaran banyak pengguna kendaraan yang tidak mengetahui adanya rambu larangan masuk menuju simpang empat Lippo Plaza, namun lambat laun arus kendaraan pun mulai mengalir lancar sesui rambu-rambu.

Baca Juga

Simpang tiga Jalan Dewi Sartika-Patimura yang selama ini kerap macet pun, bisa terurai. Semua kendaraan dari arah Malang yang akan menuju Kota Batu, harus belok kiri melewati Jl Dewi Sartika (pasar). Sebaliknya, Jalan Patimura Atas yang difungsikan untuk arus lalu lintas dari arah barat (simpang empat Lippo Plaza), dan diperbolehkan belok kanan menuju Jalan Dewi Sartika.

Inilah keputusan cerdas, dalam upayah membedah kemacetan di pintu gerbang masuk jantung Shining Batu ini. Iring-ringan kendaraan yang masuk Dewi Sartika pun bisa melaju cepat bahkan ngebut, dan inilah yang menjadi kendala utamanya pada siang hari mengingat kawasan jalan tersebut padat kegiatan baik itu dari terminal maupun pasar sendiri.

Pagar pulau jalan yang berwarna gelap ditambah rindangnya pepohonan di depan pasar, juga bisa jadi kendala lantaran mengganggu pandangan pengendara. Disisi lain, ruas jalan di depan pusat perekonomian rakyat yang dibelah oleh pulau jalan ke depannya bisa menjadi masalah tersendiri.

Masalahnya, semua arus dari ujung pertigaan Dewi Sartika-Patimura, diperbolehkan melintasi dua jalur ini walaupun lalu lintas dari arah barat, tidak boleh lewat jalan ini. Padahal, jalur sisi utara bersentuhan dengan pintu keluar Terminal Batu.

‘’Sebaiknya, kendaraan dari Patimura hanya diperbolehkan lewat di jalur kiri depan pasar. Sedangkan ruas jalan bagian kanan, difungsikan untuk kendaraan yang keluar dari terminal,’’papar Hastowo, warga Kelurahan Ngaglik-Batu.

Apalagi sepanjang siang kemarin, sisi kanan Dewi Sartika depan pasar, juga masih dipergunakan parkir sepeda motor maupun ngetemnya angkutan umum termasuk bus, sehingga arus lalu lintas sempat macet.

Simpul-simpul rawan kemacetan pun, kemarin juga dijaga petugas Dinas Perhubungan dan Informatika serta Satlantas Polres Batu.” Karena hari pertama diberlakukan uji coba, jadi masih ada kekurangan-kekurangan,” ungkap Kasat Lantas Polres Batu, AKP I Gusti Made Merta kepada Malang Post, kemarin.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs