Kota Batu dan Kab Malang Rebutan Gunung Banyak

Selasa, 21 Mei 2013 - 15:27 WIB • Dibaca 2,158 kali

Bagian sisi lereng gunung Banyak yang kini diperebutkan oleh Kota batu dan kabupaten Malang, Jawa Timur. Keduanya mengklaim sama-sama memiliki gunung tersebut. Selasa (21/5/2012). – Foto: Kompas.com

BATU, MALANGRAYA.info – Dua daerah di Jawa Timur, yakni Kota Batu dan Kabupaten Malang, berebut Gunung Banyak. Keduanya mengklaim bahwa Gunung Banyak adalah miliknya. Gunung Banyak dikenal memiliki keindahan alam yang berpotensi dikelola menjadi obyek wisata.

Baca Juga

Sebelumnya, Kota Batu adalah bagian dari wilayah Kabupaten Malang. Saat ini, Kota Batu baru berusia 12 tahun setelah terjadi pemekaran. “Kawasan Gunung Banyak itu adalah bagian aset Pemkot Batu. Sejak pemekaran sudah dipindahtangankan,” tegas Kabag Pemerintahan Pemkot Batu, Imam Suryono, kepada Kompas.com, Selasa (21/5/2013).

Menurut Imam, Pemkot Batu heran jika saat ini Gunung Banyak itu diklaim milik Pemkab Malang. “Batas wilayah itu sebenarnya sudah jelas. Bahkan sudah diberi patok penanda sehingga tak ada alasan Pemkab Malang mengambil aset Pemkot Batu, berupa bagian Gunung Banyak itu,” katanya.

Sesuai batas wilayah, katanya, kawasan Gunung Banyak itu memang sebagian milik Pemkot Batu dan sebagian milik Pemkab Malang. “Tidak seluruhnya milik Pemkab Malang,” tegasnya.

Sementara itu, menurut Kabag Humas Pemkab Malang, Muhammad Hidayat, seluruh kawasan Gunung Banyak itu merupakan milik Pemkab Malang. Hal itu sudah sesuai dengan Undang-Undang tahun 2011 tentang otonomi daerah. Ada klausul yang menyatakan wilayah Pemkot Batu adalah eks Kecamatan Batu,” katanya.

Melihat klausul UU tersebut, kata Hidayat, tak ada yang harus dipersoalkan. Semuanya sudah jelas. “Bahwa wilayah Batu itu batas baratnya adalah Kelurahan Songgokerto,” katanya.

Lebih lanjut Hidayat menegaskan, Pemkot Batu tidak bisa langsung mengklaim sebagian wilayah Gunung Banyak itu sebagai milik Pemkot Batu. “Karena batas itu sudah diatur sebelumnya, sudah bukan waktunya mengklaim atau mencaplok batas wilayah yang memang milik Pemkab Malang,” tegasnya.

Seperti diketahui, kawasan Gunung Banyak merupakan obyek wisata. Salah satunya adalah menjadi lokasi olahraga paralayang, yang termasuk wisata andalan Kota Batu saat ini.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : Kompas.com
  • Dipublikasikan : Lukman Hakim
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs