Tiga Ribu Personil Keamanan Akan Amankan Pilwali

Senin, 20 Mei 2013 - 20:47 WIB • Dibaca 221 kali

Petugas keamanan saat apel siaga pengamanan Pilwali di Stadion Gajayana Malang, Senin (20/5/2013). – Foto: beritajatim.com

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Walikota (Pilwali) Malang pada 23 , sebanyak 3 ribu personil akan disiagakan. Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya potensi kerawanan kerusuhan yang terjadi menjelang pelaksanaan pilwali hingga proses perhitungan suara.

Baca Juga

Kapolres Malang Kota, AKBP Teddy Minahasa Putra mengatakan, hingga kini memang masih belum ada laporan ke pihak kepolisian mengenai pelanggaran pidana Pilwali, namun pihaknya akan tetap meningkatkan kewaspadaan.

“Semua personil sudah siap, baik dari Polri, TNI dan Linmas. Ada yang akan disiagakan di lapangan maupun yang on call. Sebenarnya kebutuhan riil 1400 personil, tetapi sengaja kita tambah,” katanya usai apel siaga pengamanan Pilwali di Stadion Gajayana Malang, Senin (20/5/2013).

Personil keamanan itu nantinya akan disiagakan di 1200 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di lima kecamatan. Ada dua pola pengamanan di TPS, yang pertama untuk TPS yang dinilai aman akan menggunakan formasi satu polisi dan dua linmas untuk satu TPS. Untuk TPS yang dinilai rawan, kita siagakan dua personil dan dua anggota linmas untuk satu TPS.

“Kami juga menyiapkan tenaga cadangan yang siap membantu personil di TPS jika memang dibutuhkan,” imbuhnya.

Pada Pilkada kali ini, AKBP Teddy Minahasa berharap petugas tetap netral dan obyektif dalam mengamankan tahapan Pilwali. “Jangan ada petugas yang melakukan apa yang bukan menjadi tugasnya seperti ikut menghitung suara,” tandasnya.

Sementara itu, menurut Kabag Operasinal Polres Malang Kota, AKP Budiharto, personil kepolisian yang disiagakan tak hanya berasal dari Polres Malang Kota. Namun juga bantuan dari sejumlah daerah lain seperti Probolinggo, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten dan Kota Blitar, Polres Malang, Kabupaten dan Kota Kediri, serta Batu. “Selain personil, pengamanan juga akan dilengkapi dengan kendaraan Rantis, Watercanon dan kendaraan patroli,” pungkasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs