Penderita Kanker di Kota Batu Meningkat

Senin, 20 Mei 2013 - 17:31 WIB • Dibaca 976 kali

ILUSTRASI – Foto: ist

BATU, MALANGRAYA.info – Perkembangan penyakit kanker di Kota Batu, dalam tiga tahun terakhir menunjukan peningkatan. Pertumbuhan penyakit mematikan ini diduga karena perubahan lingkungan, pengaruh makanan termasuk prilaku hidup kurang sehat seperti seks bebas.

Baca Juga

Kordinator tim paliatif RS Baptis, Kota Batu, dr Imanuel Eka Tantaputra menjelaskan, jumlah pasien kanker yang menjalani rawat jalan di RS Baptis tahun 2010 mencapai 280 kasus.

Setahun kemudian jumlah penderita kanker yang menjalani rawat jalan menjadi 408 pasien. Lantas hingga akhir tahun 2012, penderita kanker yang melakukan pengobatan medis di RS baptis mencapai 410 pasien.

“Gejala awal dari penyakit kanker itu bisa dilihat dari perubahaan bentuk tubuh kita. Kalau ada benjolan yang tidak wajar disalah satu lekuk tubuh perlu segera dibawa ke dokter. Untuk diperiksa apakah benjolan itu tergolong tumor jinak atau ganas. Kalau tumor ganas maka akan berubah menjadi kanker,” urai Eka ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/5) siang.

Menurut Eka, dari 410 penderita kanker pada tahun 2012 yang menjalani perawatan medis di RS Baptis. Yang 87 pasien mengidap kanker payudara. Lalu yang 65 pasien menderita kanker serviks atau kenker leher rahim.

“Rata-rata penderita kanker ini sudah terlambat proses pengobatannya. Artinya pasien baru mengunjungi dokter ketika kondisi penyakitnya sudah stadium lanjut. Padahal kalau sejak awal si pasien sudah memeriksa kesehatannya. Tumor dan kankernya bisa dioperasi,” sebut Eka.

Khusus penderita kanker serviks, selama ini tim Paliatif RS Baptis Kota Batu, sudah memberikan pendampingan kepada tiga orang pasien.

“Untuk Kecamatan Batu penderita kanker serviks 15-20 orang. Yang kita dampingi untuk penyembuhannya ada tiga pasien. Rata-rata penderita kanker payudara dan serviks ini enggan terbuka kepada dokter. Sehingga pengobatannya butuh waktu lama,” bebernya.

Dr Wijanarko Adang SpOG, ahli kandungan RS Baptis Kota Batu menambahkan, kanker serviks itu disebabkan oleh virus Human Papillomavirus (HPV). Untuk mencegah kanker mulut rahim itu ada beberapa macam cara. Antara lain menyuntikan vaksin HPV ke tubuh perempuan dan rutin melakukan Pap Smear atau pemeriksan organ vital perempuan.

Menurut Adang, kanker serviks itu kebanyakan ditularkan dari proses hubungan seks sual yang tidak normal. Artinya sering gonta-ganti pasangan.

“Kanker mulut rahim itu kalau dibiarkan akan menyumbat ureter atau saluran kencing dari ginjal. Lama kelamaan air kencing tidak lancar lalu menyebabkan kerusakan pada ginjal akhirnya menimbulkan kematian pada pasien,” ungkap Adang.

Disarankan, agar terhindar dari kanker Serviks itu, sebelum nikah atau pada usia 10-15 tahun. Dilakukan vaksin HPV. Atau kalau sudah menikah minimal setahun sekali melakukan Pap Smear. “Biaya vaksin HPV memang mahal. Sekali suntik bisa Rp600 ribu. Kalau Pup Smear murah biayanya,” urainya.

Kadinkes Kota Batu, dr Endang Triningsih menyatakan, Pemkot Batu sudah berusaha untuk membendung laju perkembangan kanker payudara dan kaker serviks. Tindakan preventifnya mulai Pup Smear gratis di Puskemas sampai penyuluhan di tingkat RT.

“Setahun jumlah perempuan di Kota Batu yang mengikuti Pup Smear bisa 500 orang. Penyakit kanker ini bisa dicegah dengan cara tetap menjaga pola hidup sehat. Tidak melakukan free seks, tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang membahayakan kesehatan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan. Karena polusi lingkungan ikut andil dalam menyebabkan timbulnya penyakit kanker,” sebut dia.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
jumlah pendeita kanker cervik di kota malang tahun 2016 berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs