83 Pasutri Nikah Siri Jalani Isbat Nikah

Senin, 20 Mei 2013 - 10:21 WIB • Dibaca 548 kali

Foto: Malang Post

SINGOSARI, MALANGRAYA.info – Sebanyak 83 pasangan suami-istri (Pasutri), kemarin pagi memadati Pendopo Pusat Kerajinan Kendedes (PKR) Singosari. Kedatangan sejumlah pasutri berikut saksi nikah dan anak-anak mereka itu, untuk mengikuti prosesi isbat nikah yang digelar Fatayat NU Kabupaten Malang dan Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Malang.

Baca Juga

Ketua Fatayat NU Kabupaten Malang Hikmah Bafaqih M.Pd, mengatakan Isbat nikah ini untuk memberikan perlindungan hukum pada para pasangan.

“Pasangan usia yang mengikuti isbath nikah rata rata antara 35-40 tahun. Ada juga pasangan yang sudah memasuki usia setengah abad,” ungkapnya kepada Malang Post kemarin.

Dia mengatakan, pihaknya sengaja menggelar kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian bagi warga kurang mampu yang belum mencatatkan pernikahannya di kantor urusan agama (KUA). Lantaran kata Bafaqih, seluruh pasutri tersebut hanya melakukan pernikahan sirih saja, tanpa tercatat di KUA. Mereka rata-rata pasangan yang tidak memiliki biaya pada saat menikah dulu.

“Kami memfasilitasi agar seluruh pasutri memiliki buku nikah dan terdaftar di KUA,” ungkapnya.

Mantan anggota DPRD Kabupaten Malang itu menegaskan, semua biaya sidang nikah isbat tersebut ditanggung seluruhnya oleh Fatayat NU Kabupaten Malang. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kegiatan sosial dalam rangka hari lahir (Harlah) ke-63 Fatay NU.

“Sidang isbat ini, merupakan salah satu kegiatan bakti kami kepada umat dalam rangka harlah ke-63 Fatayat NU. Terutama memberikan manfaat bagi umat yang kurang mampu dan nasibnya tak seberuntung kami,” terangnya.

Sementara itu dia menjelaskan, ada serangkaian kegiatan lainnya dalam rangka Harlah ke-63 Fatayat NU, diantaranya pengukuhan kader Fatayat NU peduli TB, Pengukuhan Kader BKB, BKR, dan UPPKS Fatayat NU, terakhir ada talk show dengan tema “Membangun Perempuan Sholihah dan berdaya“

“Untuk kegiatan talk show, dipandu oleh Dr. Umi Dayati, M.Pd, Dosen Universitas Negeri Malang,” imbuhnya. Melalui harlah ini, dia mengharapkan Fatayat NU juga dapat berperan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs