Bank Mandiri Akan Layani Pembayaran SPMB-PTAIN

Senin, 20 Mei 2013 - 07:42 WIB • Dibaca 1,184 kali

ILUSTRASI – Foto: ist

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Bersamaan dengan datangnya Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) 2013, Bank Mandiri kembali membuka sistem pembayaran online calon peserta SPMB-PTAIN mulai dari 6 Mei hingga 15 Juni mendatang.

Baca Juga

Area Manager Bank Mandiri Malang, Ketut Suarsa menjelaskan, kerjasama pembayaran online untuk SPMB-PTAIN ini sejatinya sudah dilakukan sejak 2012 lalu. Melalui layanan tersebut, jaringan Bank Mandiri di seluruh Indonesia bisa melayani calon peserta SPMB-PTAIN yang diikuti oleh 52 PTAIN di seluruh Indonesia.

“Pembayaran melalui online ini merupakan bagian dari cashless society. Meminimalisir penggunaan uang kartal dalam bertransaksi. Selain lebih nyaman juga lebih aman,” terang dia.

Ketut mengatakan, sistem teknologi Bank Mandiri memang telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, sehingga tidak ada masalah ketika harus melayani transaksi pembayaran secara online dalam jumlah yang besar dan dilakukan relatif bersamaan.

“Pembayaran bisa dilakukan di kantor cabang Bank Mandiri, mesin ATM Mandiri, ataupun melalui Mandiri Internet,” rinci dia.

Ketut menjelaskan, hingga akhir tahun 2012, Bank Mandiri di seluruh Indonesia telah memiliki 1.810 cabang dan lebih dari 11 ribu ATM yang siap menerima pembayaran SPMB-PTAIN dari calon peserta yang tersebar di seluruh penjuru nusantara.

Adapun tata cara pembayaran melalui kantor cabang bank mandiri, calon peserta bisa mengisi formulir aplikasi setoran dengan menuliskan di kolom berita “pembayaran SPMB-PTAIN” dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), angka pembayaran ditulis sesuai dengan jurusan yang dituju. Untuk IPA/IPS Rp 150ribu dan IPC Rp 175 ribu.

“Setelah itu langsung melakukan pembayaran ke teller,” tegas dia.

Untuk pembayaran melalui Mandiri ATM, calon peserta SPMB-PTAIN bisa melakukan transaksi ATM seperti biasa. Untuk melakukan pembayaran, bisa dipilih menu bayar/beli lalu pilih menu Pendidikan. Setelh itu masukkan kode penyelia jasa SPMB-PTAIN: 10070.

“Masukkan NISN, pilih item pembayaran kemudian muncul jumlah tagihan pada layar konfirmasi. Setelah selesai, UserID dan password akan tercetak pada struk ATM. Struk ini sekaligus menjadi bukti pembayaran yang sah,” urai dia panjang lebar.

Sementara itu, untuk pembayaran melalui Mandiri Internet bisa diakses melalui situs www.bankmandiri.co.id. Setelah masuk ke menu utama, pilik opsi bayar dan pilih Pendidikan. Setelah itu pilih rekening pembayaran, selanjutnya pilih penyedia jasa SPMB-PTAIN.

“Masukkan NISN, selanjutnya akan muncul pilihan item pembayaran (IPA, IPS, IPC) dan jumlah tagihan pembayaran,” rincinya.

Setelah memasukkan pilihan, masukkan PIN/ challenge code, kemudian pilih Kirim. Hasil transaksi dapat disimpan dan dicetak sebagai bukti pembayaran yang sah. “Gunakan kertas ukuran A4 untuk mencetak, selanjutnya bukti pembayaran bisa dipakai untuk melakukan pendaftaran pada website www.spmb-ptain.ac.id,” pungkas dia.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs