Tiga Investor Ingin Bangun Pabrik Gula di Malang

Kamis, 4 April 2013 - 20:09 WIB • Dibaca 1,906 kali

ILUSTRASI – Foto: antara

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Tiga investor asal Jakarta berminat untuk membangun pabrik gula di Kabupatebn Malang, Jawa Timur, dengan nilai investasi masing-masing sebesar Rp3 triliun.

Baca Juga

Menurut Bupati Malang Rendra Kresna di Malang, Kamis, dari tiga investor itu akan dipilih satu perusahaan dan segera diberikan izin lokasi serta izin usaha produksi.

Ketiga investor yang berminat mendirikan pabrik gula tersebut adalah PT Makassar Tene, PT Duta Plantation, dan PT Anugerah. Ketiga perusahaan itu juga berkapasitas produksi sekitar 12 ribu TCD.

“Kami sengaja hanya akan memberikan izin untuk satu investor saja, sebab kalau ketiganya diizinkan nanti akan muncul persaingan tidak sehat, karena ada lima pabrik yang berebut tebu untuk bisa digiling di pabrik masing-masing,” katanya, menambahkan.

Hanya saja, lanjutnya, untuk mendapatkan izin pendirian pabrik tersebut, investor harus memenuhi sejumlah persyaratan, di antaranya lokasi bangunan harus berjauhan dengan dua pabrik gula yang sudah ada sebelumnya, yakni PG Kebonagung dan Krebet.

Selain itu, kata Rendra, pembangunan harus di atas lahan (tanah) ladang, bukan lahan pertanian persawahan produktif dan bangunan pabrik juga menyebar di beberapa lokasi, seperti di Kecamatan Jabung, Dampit, Poncokusumo serta Kalipare.

Lebih lanjut Rendra mengatakan, pembahasan berbagai aspek terkait pemberian izin pendirian PG untuk tiga perusahan itu dilakukan oleh tim yang beranggotakan dari Dinas Cipta Karya, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan, Kantor Penanaman Modal, dan Badan Perizinan.

Jika izin itu telah diterbitkan Pemkab Malang, katanya maka perusahaan tersebut masih perlu melengkapi izin-izinnya dari pemerintah pusat seperti dari Kementerian Pertanian dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Menyinggung ketersediaan bahan baku tebu untuk pendirian pabrik gula baru, Rendra mengatakan, masih mencukupi jika hanya ditambah satu PG lagi, sebab saat ini lahan tebu di Kabupaten Malang seluas 42.000 hektare.

Sedangkan kebutuhan giling untuk dua pabrik gula yang ada saat ini hanya 27.000 ton dengan kapasitas giling 12.000 TCD.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
  • www.langsungpesan.com

    mantapp .. setelah bangun pabrik gula.. baiknya para pekerja langsung di-pesan-kan baju seragam kerja :D

  • idah syaidah

    Alhamdulillah saja,asal bisa memberi peluang pekerjaan pada rakyat di sekitar nya,itu sudah termasuk yg ter baik,dan di beri pula peluang untuk pedagang gula nya pada rakyat yg mau bekerja,semoga bisa memberikan peluang untuk rakyat yg ingin bekerja di sekitar malang,bisa mengurangi pengangguran

x close
bisnis malang bisnis di malang peluang usaha di malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs