Kota Malang Siapkan Kawasan Industri Khusus IT

Kamis, 4 April 2013 - 16:52 WIB • Dibaca 637 kali

ILUSTRASI – Foto: jiep.co.id

KEDUNGKANDANG, MALANGRAYA.info – Pemerintah Kota Malang rupanya sudah bersiap menjadi kawasan industri. Pemerintah sudah menyediakan lahan seluas 89,9 hektar (ha) sebagai kawasan industri khususnya industri IT ramah lingkungan.

Baca Juga

“Kami sudah menyiapkan lahan hampir 90 hektar di wilayah Tlogowaru dan Arjowinangun di Kecamatan Kedungkandang untuk kawasan industri. Industri yang kami perbolehkan di sana adalah green industry(tidak berasap dan berlimbah cair) seperti industri IT dan elektronik,” tutur Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Malang, Hadi Santoso, Kamis (4/4/2013).

Kawasan industri yang sudah disiapkan tersebut sudah masuk dalam Perda RTRW yaitu Perda nomor 4 tahun 2011. Dalam perda tersebut kawasan industri di Arjowinangun disiapkan seluas 63,871 ha.

Dari jumlah tersebut, lahan yang sudah menjadi set pemkot seluas 15,8 ha. Adapun kawasan industri di Arjowinangun disiapkan lahan seluas 26,091 ha. Dari jumlah tersebut, lahan yang sudah menjadi aset pemkot seluas 5-7 ha. “Oleh karena sudah masuk per RTRW, maka wilayah tersebut tidak bisa dialihfungsikan peruntukannya selain sebagai wilayah industri,” ujar Hadi.

Kawasan industri standarnya seluas 50 ha. Dengan kondisi itu, Hadi menyatakan Tlogowaru sudah siap menjadi kawasan industri IT. “Diharapkan nanti wilayah sana bisa menjadi IT Industrial Park. Apalagi sudah didukung adanya Politeknik Kota Malang dan SMK di sana,” ujar Hadi.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : Kompas.com
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
kawasan industri di malang berita malang raya berita pencemaran udara arema 2012 berita kriminal remaja pemain arema 2012 daftar pemain AREMA 2012 batu town square daftar pemain arema harta karun majapahit keris luk 13 pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang pilkada malang 2013 pelacuran di malang sampah anorganik karoseri adi putro arema suporter terbanyak di indonesia kerajaan singosari Berita kriminal pemerkosaan penemuan benda pusaka this is arema arema 2011-2012 nexian pad pengolahan limbah sampah limbah sampah cross ad 305 meteor cell malang daun emas sendang kamulyan ahmad bustomi nexian PAD G311 diknas malang tempat prostitusi di malang berita tentang pencemaran udara Local Blogs
Local TopOfBlogs