Walikota Malang Harapkan Adanya Kawasan Industri Baru

Kamis, 4 April 2013 - 16:27 WIB • Dibaca 1,235 kali

ILUSTRASI – Foto: jiep.co.id

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Seiring dengan pengembangan kawasan industri baru, Pemkot Malang tengah mengupayakan transportasi penunjang. Walikota Malang, Peni Suparto mengungkapkan, kemajuan industri harus didukung transportasi yang memadai. Salah satunya jalan tol Malang-Pandaan. Jalan tol ini merupakan program nasional dan dianggarkan dari APBN.

Baca Juga

“Proyek jalan tol tersebut sudah disetujui. Jadi kami tinggal menunggu realisasinya,” katanya, Kamis (4/4/2013).

Dijelaskan Peni, jalan tol baru tersebut pernah ditenderkan tahun 2009 lalu dan dimenangkan oleh Medco. Namun karena ada peristiwa lumpur Lapindo, proyek tersebut ditunda. Kini seiring akan dibukanya kawasan industri baru, jalan tol tersebut menjadi sebuah kebutuhan. Jika tidak ada kendala seharusnya tahun 2012 lalu sudah dilakukan pembebasan lahan.

Walikota Malang Lobi Maskapai Penerbangan

Demi kawasan industri baru, Walikota Malang Peni Suparto terus mengupayakan transportasi penunjang. Satu satunya melobi maskapai penerbangan Sriwijaya Air. Maskapai penerbangan nasional tersebut diminta menyediakan pesawat kargo khusus untuk Malang. Pesawat ini nantinya untuk mengangkut produk pertanian dari Malang, khususnya bunga.

“Produk bunga harus dikirimkan dengan cepat karena mudah rusak. Maka pesawat menjadi sarana transportasi yang sangat tepat,” ujarnya kepada SURYA Online, Kamis (4/4/2013)

Jika lobi ini berhasil maka tidak akan kendala untuk pengiriman produk pertanian dari Bandara Abd Saleh ke luar negeri. Bahkan secara khusus Peni meminta kargo tersebut diberi label Arema Airlines.

“Produk bunga kita kan banyak diminati luar negeri, Singapura misalnya,” tambahnya.

Selain pesawat, Peni juga akan melobi PT KAI untuk menyediakan angkutan peti kemas. Kereta api dianggap lebih leluasa dan bebas hambatan dibanding truk kargo.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs