Akademisi UIN Malang : Pemerintah Harus Hentikan Izin Eksploitasi Air

Senin, 25 Maret 2013 - 08:24 WIB • Dibaca 133 kali

ILUSTRASI – Foto: media indonesia

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Kota Malang, Jawa Timur, mendesak pemerintah pusat dan daerah agar menghentikan izin eksploitasi air untuk kepentingan bisnis.

Baca Juga

Dekan Fakultas Ekonomi UIN Malang Muhtadi Ridwan kepada Media Indonesia, Minggu (24/3), mengatakan Indonesia sedang menghadapi ancaman krisis air. Masalah itu tidak hanya di perkotaan, tapi kekurangan air bersih sudah merambah pedesaan di daerah hulu. Bahkan, warga yang bermukim di lereng gunung kerap kesulitan mendapatkan air secara cukup.

Di Malang, Pasuruan, dan Batu, yang berada di lereng Gunung Arjuno dan Gunung Semeru, ribuan warga setiap tahun mengalami krisis air bersih.

Sebagai contoh di sumber mata air Umbulan, Pasuruan, justru masyarakat setempat krisis air bersih sementara air di sumber itu dijual Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Surabaya dan Sidoarjo.

Selain itu, ratusan perusahaan air minum dalam kemasan memanfaatkan air bawah tanah di daerah setempat untuk bisnis.

“Harga air semakin mahal, bahkan melebihi bahan bakar minyak,” tegasnya.

Ia berpendapat bahwa air seharusnya milik bersama, dan dikelola negara sesuai UUD 1945 Pasal 33.”Air itu bukan komoditas. Seharusnya air yang menjadi milik bersama itu dikelola tidak menjadi komoditas yang hanya mengedepankan keuntungan sebesar-besarnya,” katanya.

Tapi sekarang terjadi kesalahan, bahwa pemerintah berorientasi berlebihan dalam mencari keuntungan besar, dan mengabaikan pelestarian lingkungan.

“Seharusnya sumber mata air dan air tanah tidak jadi komoditas dalam mencari keuntungan. Itu untuk mencegah kekurangan air,” ujarnya.

Ia berpendapat bahwa air di sumur keluarga pun tidak boleh menjadi milik pribadi. Sumurnya boleh menjadi milik sendiri, tapi airnya bukan milik sendiri.

Untuk mengantisipasi krisis air, pemerintah diminta membatasi izin eksploitasi air yang diajukan pengusaha.”Harus dibatasi, kalau perlu dihentikan,” tuturnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : metro tv
  • Dipublikasikan : Lukman Hakim
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs