Dinilai Gagal, Pemkab Malang Minta Perhutani Dibubarkan Saja

Minggu, 24 Maret 2013 - 12:02 WIB • Dibaca 563 kali

NASIONALBupati Malang: Perhutani Sepantasnya DibubarkanMinggu, 24 Maret 2013 | 10:35 WIBBupati Malang, Rendra Kresna – Foto: antara

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Jawa Timur, menyatakan Perhutani selayaknya dibubarkan karena dinilai gagal mengelola hutan dan kelestarian lingkungan.

Baca Juga

Bupati Malang Rendra Kresna mengatakan kinerja Perhutani di wilayah kerja Malang kurang memberikan kontribusi secara positif terhadap pelestarian lingkungan.

Kawasan hutan yang seharusnya dikelola dengan baik justru sekarang banyak yang gundul dan hampir di semua lokasi menjadi lahan kritis dari total luas lahan hutan di kawasan setempat mencapai 153 ribu hektare.

Kondisi itu menjadi penyebab kurang harmonisnya hubungan Pemkab Malang dengan Perhutani.

“Kalau ada kebakaran hutan, siapa yang memadamkan? Penanganan itu melibatkan rakyat kabupaten. Saat banjir karena hutan gundul dan lahan kritis, personel Perhutani ke mana saja? Semua yang menangani bencana adalah pemkab,” tegasnya.

Rendra berpendapat Pemkab hanya sebagai penonton karena Perhutani dalam mengelola hutan tidak merasa perlu melibatkan pemerintah daerah. Mulai dari perencanaan, melaksanakan program sampai dengan pertanggung jawaban keuangan. Semua dilakukan Perhutani sendiri.

“Tapi ketika terjadi bencana banjir, longsor dan kebakaran, Pemkab turut menangani,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya berupaya mengelola kawasan hutan dengan memanfaatkan celah hukum Undang-Undang No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. Ia juga sedang mengkaji peraturan pengelolaan wilayah pesisir untuk mengambilalih lahan hutan.

“Mengapa harus ada perhutani, sedangkan di Pemda sudah ada Dinas Kehutanan,” tuturnya.

Bahkan Pemkab Malang, lanjutnya, bersedia mengganti dua kali lipat anggaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan Perhutani bila diberikan kewenangan mengambilalih pengelolaan hutan.

“Saya bercita-cita jadi Presiden. Tujuannya hanya satu, membubarkan Perhutani,” tukasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : metro tv
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
www malang raya com berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs