UIN Malang Jalin Kerjasama Dengan Tiga Perguruan Tinggi Islam Rusia

Minggu, 24 Maret 2013 - 10:31 WIB • Dibaca 245 kali

seminar bertemakan – Foto: tribun news

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Universitas Islam Negeri (UIN) Malang siap menangkap peluang kerja sama dengan Rusia. Kerja sama tersebut adalah di bidang ilmu pengetahuan, pendidikan dan budaya.

Baca Juga

Demikian disampaikan Rektor UIN Malang Imam Suprayogo dalam acara seminar bertemakan “Hubungan Bilateral Indonesia dan Rusia” di UIN Malang (23/3/2013). Demikian keterangan pers yang dikirim ke redaksi Tribunnews.com, Minggu (24/3/2013).

Sekitar 500 orang yang terdiri dari mahasiswa dan staf pengajar UIN Malang, serta tamu undangan lainnya dengan penuh antusias mengikuti seminar tersebut. Mereka dengan seksama mendengarkan dan menyimak presentasi-presentasi yang disampaikan para pembicara.

Hadir sebagai pembicara adalah Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Federasi Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin dan Direktur Eropa Tengah dan Timur Kementerian Luar Negeri, A.A.G. Alit Santhika yang menyampaikan perkembangan terkini hubungan Indonesia-Rusia, serta penulis buku-buku tentang Rusia, M. Aji Surya yang menjelaskan tentang perkembangan Islam di Rusia.

Menurut Imam Suprayogo, UIN Malang sudah merintis kerja sama dengan Rusia sejak tiga tahun lalu. Kerja sama dilakukan dengan tiga perguruan tinggi Islam di Rusia. Salah satu realisasi kerja sama tersebut adalah kehadiran mahasiswa-mahasiswa muslim Rusia yang studi di Malang.

“Saya pernah ke Rusia beberapa tahun lalu. Rusia mengalami perubahan dan kota-kotanya sangat menarik. Masyarakat muslimnya juga berkembang. Oleh karena itu perlunya pengembangan kerja sama dengan Rusia”, kata Imam Suprayogo.

Alit Santhika dalam presentasinya bertemakan “Hubungan Indonesia-Rusia di Era Baru” menyampaikan banyak peluang yang dapat dikerjasamakan antara Indonesia dan Rusia. Prioritas kerja sama tidak hanya di bidang politik dan keamanan, tetapi juga ekonomi, perdagangan, invetasi, pendidikan dan iptek.

“Di bidang ekonomi dan perdagangan, volume perdagangan Indonesia dengan Rusia merupakan yang terbesar di antara negara-negara Eropa Tengah dan Timur lainnya. Pada tahun 2012 tercatat US$ 3,37 miliar atau meningkat dari tahun 2011 yang sebesar US$ 2,55 miliar. Target yang ingin dicapai para tahun 2015 sebesar US$ 5 miliar”, ujar Alit Santhika.

Sementara itu, Duta Besar Mikhail Galuzin memandang penting hubungan Indonesia dan Rusia sebagai mitra strategis, tidak hanya di ASEAN, tetapi juga di Asia Pasifik. Kesamaan pandangan dimiliki kedua negara dalam menyikapi isu-isu internasional. Ditambahkan, Indonesia dan Rusia sebagai negara yang multi budaya, etnik dan agama.

Duta Besar Mikhail Galuzin menyampaikan kegembiraan terdapatnya mahasiswa muslim Rusia yang studi di UIN Malang yang dapat membantu mengembangkan hubungan kedua bangsa, seperti pengenalan budaya. Duta Besar Galuzin berharap akan ada mahasiswa UIN Malang melanjutkan studinya di Rusia di masa mendatang, seperti di Far Eastern Federal University (FEFU) Vladivostok yang dijadikan tempat penyelenggaraan KTT APEC 2012.

UIN Malang adalah satu dari sejumlah perguruan tinggi Islam terkemuka di Indonesia. Pada tahun 2009 UIN Malang menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di Rusia, yaitu Universitas Islam Moskow, Universitas Islam Rusia di Kazan dan Institut Teologi dan Hubungan Internasional di Makhachkala.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs