Puluhan Desa Tertinggal di Kabupaten Malang

Jumat, 22 Maret 2013 - 17:19 WIB • Dibaca 1,070 kali

desa tertinggal di Kabupaten Malang – Foto: metro tv

KEPANJEN, MALANGRAYA.info - Sebanyak 51 dari 378 desa di Kabupaten Malang, Jawa Timur, masih berada dalam kategori desa tertinggal. Untuk mengurangi desa tertinggal secara bertahap, pemerintah terus menjalankan program Bina Desa yang membangun infrastruktur akses jalan, saluran air bersih serta pembangunan rumah ibadah.

Baca Juga

“Program Bina Desa ini sudah berjalan beberapa tahun terakhir. Setiap desa tertinggal akan mendapatkan giliran untuk kami ‘sambangi’ minimal dua hari. Kami tinggal dan bermalam di rumah penduduk untuk bersama-sama membangun desa tersebut,” ujar Bupati Malang Rendra Kresna, Jumat (22/3).

Selain membangun infrastruktur, Pemkab Malang juga memberikan bantuan berupa bahan pokok, peralatan kompor gas berbahan limbah kotoran sapi, serta pelatihan keterampilan untuk meningkatkan pengetahuan warga, yang nantinya bisa menjadi bekal kerja. Menurut Rendra, selama kunjungan ke sejumlah desa tertinggal, seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga melakukan pendampingan agar bisa langsung mendengar aspirasi dan keluhan warga.

Guna mempercepat pembangunan dan mengentaskan desa tertinggal, Pemkab Malang mengucurkan dana sebesar Rp1 miliar per desa. Sebab, perbaikan dan pembangunan akses jalan serta infrastruktur lainnya menjadi skala prioritas.

Jumlah desa tertinggal di Kabupaten Malang berkurang cukup signifikan dari tahun 2011 yang mencapai 110 desa. Pengentasan desa tertinggal ditangani lintas SKPD dengan evaluasi di setiap tahun.

Sebelumnya Sekretaris Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Malang Nurman Ramdamsyah mengatakan, ada 15 indikator yang menjadi bahan evaluasi desa tertinggal.  indikator tersebut di antaranya jalan desa, sarana kesehatan, sarana pendidikan, tingkat kemiskinan dan jumlah penduduk serta kondisi sanitasi serta sumber air.

“Desa-desa yang masih belum terentaskan ini akan digelontor dengan berbagai program pengentasan kemiskinan yang ditangani lintas SKPD. Kalau semua fokus pada desa tertinggal, pasti tidak lama lagi Kabupaten Malang terbebas dari desa tertinggal,” tegas Rendra.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : metro tv
  • Dipublikasikan : Lukman Hakim
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs