Maju Pileg, Anggota Dewan Diminta Mundur

Jumat, 22 Maret 2013 - 15:17 WIB • Dibaca 136 kali

ILUSTRASI – Foto: ist

BATU, MALANGRAYA.info - Sebanyak tujuh anggota DPRD Kota Batu, Jawa Timur diminta mundur jika ingin kembali mencalonkan dalam pemilihan legislatif (pileg) dalam Pemilu 2014 mendatang. Pasalnya, parpol yang akan “ditumpangi” mereka saat ini sudah tidak lolos verifikasi yang dilakukan KPU Pusat.

Baca Juga

Menurut Komisioner KPU Kota Batu, Supriyanto, Jumat (22/3/2013), pengunduran diri tujuh anggota dewan tersebut sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota Pemilu 2014, yang sudah diundangkan.

Menurut Supriyanto, peraturan tersebut sudah mulai diberlakukan dan sudah wajib dilaksanakan. Salah satunya, bahwa pendaftaran calon legislatif dimulai sejak 9 April hingga 22 April. “Bagi bacaleg yang menjadi anggota DPRD Kota Batu periode 2009-2014, di mana partainya tidak lolos, kalau mau maju lagi harus mundur dari keanggotaan DPRD. Setelah mundur, baru bisa mendaftar ke partai politik lain sebagai peserta Pemilu 2014,” kata Supriyanto.

Jika ketujuh anggota DPRD Kota Batu yang partainya tidak lolos verifikasi, jika ingin kembali mencalonkan harus mundur dari partainya. “Jika tidak, maka KPU akan mencoretnya. Karena jika tidak mundur, jelas sudah menyalahi aturan yang berlaku,” kata Supriyanto lagi.

Surat pengunduran diri dari anggota dewan sepenuhnya menjadi urusan parpol dan DPRD terkait. “Sedangkan KPU hanya memproses kalau ada surat permintaan dari DPRD. Peraturan ini dalam waktu dekat akan segera disosialisasikan,” kata Supriyanto.

Adapun tujuh anggota DPRD Kota Batu yang berasal dari parpol yang tidak lolos verifikasi KPU Pusat diantaranya, Heri Suyanto (PIB), Kartika (PP), Hari Purwanto (PKPB), Katrina (PNIM), Yani Handoko (Barnas), Siti Saudah (PIB) dan Agus Hariyanto (PKNU).

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : kompas
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
perhitungan cepat pileg kota batu tarif jual beli suara dapil malang raya pemilu 2014 berita malang raya berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 daftar pemain AREMA 2012 batu town square daftar pemain arema pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang keris luk 13 pelacuran di malang pilkada malang 2013 sampah anorganik harta karun majapahit karoseri adi putro arema kerajaan singosari arema 2011-2012 suporter terbanyak di indonesia this is arema nexian pad berita kriminal remaja pengolahan limbah sampah limbah sampah cross ad 305 nexian PAD G311 ahmad bustomi Berita kriminal pemerkosaan diknas malang tempat prostitusi di malang berita tentang pencemaran udara bidik misi UM 2012 daftar pemain arema 2011-2012 batu flower festival penemuan benda pusaka Local Blogs
Local TopOfBlogs