Internet Kelurahan Habiskan Biaya Ratusan Juta

Jumat, 22 Maret 2013 - 13:59 WIB • Dibaca 154 kali

ILUSTRASI – Foto: ist

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Pemkot Malang menaikkan bandwith internet di 57 kelurahan pada tahun ini. Total dana APBD 2013 sebesar Rp 475 juta terserap untuk kebutuhan itu. Pemkot beralasan program tersebut juga untuk meningkatkan pelayanan di kelurahan.

Baca Juga

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang, Tri Widyani, mengatakan, dengan menaikkan banwith itu maka akses internet di seluruh kelurahan bisa lebih cepat karena muatan transfer data lebih banyak.

“Apalagi di semua kelurahan sekarang ada sistem aplikasi laporan masyarakat. Misalnya untuk mutasi kartu tanda penduduk atau pendataan lainnya, sehingga bisa lebih cepat koneksi internetnya dan mendukung kerja kita,” papar Tri, Kamis (21/3).

Koneksi internet di seluruh kelurahan sebelumnya rata – rata untuk speed terendah 512 KBPS dan tertinggi 2MBPS. Kondisi itu dianggap membuat system aplikasi mutasi data kependudukan sedikit tidak maksimal. “Penambahan bandwitch ini bisa mempercepat proses data,” tuturnya.

Tri menyatakan, saat ini baru mulai proses pembukaan lelang penambahan bandwitch di layanan pengadaan secara elektronik (LPSE). Diharapkan setelah lelang selesai, pengerjaan juga dilakukan secepatnya. “Secepatnya dilakukan penambahan ini,” tuturnya.

Tri menambahkan, jaringan internet di semua kelurahan juga terkoneksi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait. Mengenai data kependudukan misalnya, sudah bisa langsung ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Secara keseluruhan, untuk 57 kelurahan sudah terkoneksi internet sejak 2010 silam. “Kita tinggak memperkuat koneksinya saja. Kalau untuk perawatan rutin, itu ada dana lain lagi,” ujar Tri.

Terkait fasilitas internet di ruang publik, Tri menyebut tidak ada masalah. Sejumlah titik seperti alun – alun Kota Malang juga sudah mendapat fasilitas hot spot. Sedangkan untuk ruang terbuka yang belum memiliki akses hot spot seperti di Taman Merjosari, Tri menyebut tahun ini bakal dilengkapi.

“Di sejumlah titik yang belum memiliki hot spot, kami upayakan tahun ini terpasang. Untuk dana pemkot sedikit, lebih banyak kita upayakan dengan menggandeng swasta,” tandas Tri.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs