Lima Pelajar Jadi Kawanan Pembobol Sekolah

Kamis, 21 Maret 2013 - 13:37 WIB • Dibaca 1,774 kali

ILUSTRASI – Foto: ist

WAGIR, MALANGRAYA.info – Lima pelajar SD dan SMP di Malang, Jawa Timur, menjadi kawanan pencuri. Mereka telah membobol gedung sekolah di Kecamatan Wagir.

Baca Juga

Kelima bocah yang usianya masih di bawah 15 tahun itu adalah RY (14), SW (13), keduanya masih kelas VI SD di Wagir. kemudian FS (13), siswa kelas VIII di sebuah SMP di Wagir, serta RK (12) dan TS (12) yang merupakan anggota terkecil karena masih duduk di bangku kelas V SD.

Data yang dihimpun di Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA) Polres Malang, aksi pencurian pertama kali dilakukan oleh tiga orang pada November 2012 lalu di SMP Iskandar Muda, Wagir. Sedangkan aksi kedua dilakukan di SDN Parangargo, Wagir, pada Januari 2013 lalu dengan tambahan dua pelaku lainnya.

Aksi di SMP Iskandar Muda, dilakukan usai bermain sepak bola di halaman sekolah hingga waktu magrib. RY, mengajak temannya membobol sekolah, dengan dengan cara melompati pagar pembatas lalu masuk melalui ruang tata usaha.

RY juga sudah mempersiapan diri dengan membawa obeng untuk mencongkel pintu ruang tata usaha sekolah. Mereka berhasil membawa sejumlah barang di antaranya laptop merk acer, LCD proyektor, kamera digital, speaker aktif, dan modem.

Sementara aksi kedua dilakukan pada Januari 2013 lalu di SDN Parangargo. Kawanan mereka bertambah dua orang, yaitu RK dan TS. Modusnya sama dengan bermain bola hingga petang. Saat suasana sepi, mereka masuk sekolahan yang sudah diincarnya. Di SDN Parangargo, mereka mengambil satu set unit komputer yang kemudian digotong keluar sekolah.

Kasubaghumas Polres Malang, Ipda Soleh Masudi, mengatakan, aksi mereka terungkap setelah dua sekolah tersebut melapor. “Dari hasil penyidikan, jejak pelaku akhirnya diketahui,” kata Kasubaghumas Polres Malang, Ipda Soleh Masudi.

Meski tertangkap, mereka tetap dijerat dengan Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. Namun pelaku yang masih berusia di bawah umur, mereka dikenai wajib lapor dan dilakukan pembinaan dulu. “Mereka tidak ditahan,” ujar Soleh.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs