Tiga PTN di Malang Diminati Banyak Siswa SNMPTN

Rabu, 20 Maret 2013 - 23:15 WIB • Dibaca 5,256 kali

ILUSTRASI – Foto: ist

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info - Tiga perguruan tinggi negeri atau PTN yang ada di Kota Malang, Jawa Timur, diminati sebanyak 119.344 siswa untuk bersaing diterima dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2013.

Baca Juga

Menurut Kabag Akademik Universitas Brawijaya (UB) Malang Agus Yuliawan Surasdiyanto, Rabu, mengatakan, persaingan jalur SNMPTN tahun ini sangat ketat, bahkan untuk bisa meraih satu kursi harus bersaing dengan 12 siswa lainnya.

“Namun demikian, peserta SNMPTN tidak perlu berkecil hati karena semua peserta (siswa) memiliki kesempatan dan peluang yang sama. Tapi, ya itu tadi, persaingannya sangat ketat,” kata Agus Yuliawan, Rabu (20/3/2013).

Peserta SNMPTN di Universitas Brawijaya sebanyak 71 ribu siswa, Universitas Negeri Malang (UM) sebanyak 39.647 siswa, dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) mencapai 8.697 siswa.

Padahal, lanjutnya, kuota mahasiswa baru dari jalur SNMPTN yang didaftarkan oleh sekolah itu hanya 10.222 calon mahasiswa baru. Untuk Universitas Brawijaya sebanyak 6.388 calon mahasiswa, UM 3.084 calon mahasiswa, dan UIN Maliki hanya 750 calon mahasiswa.

Sementara itu, bagian informasi SNMPTN Panitia Lokal Malang, Yusuf Ikhwanto, mengatakan, peserta SNMPTN tahun ini mengalami peningkatan cukup tajam, bahkan lebih dari dua kali lipat dari tahun lalu yang hanya sekitar 30.000 peserta.

Menurut dia, tingginya jumlah peminat SNMPTN di Malang tersebut menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi siswa SMA dan juga untuk prestasi PTN yang ada di daerah itu.

Proses seleksi SNMPTN jalur undangan dimulai 9 Maret hingga 27 April, dan pengumumannya 28 April. Porsi dari SNMPTN undangan tersebut sebanyak 50 persen dari kuota keseluruhan, sedangkan 30 persen untuk jalur SNMPTN tulis serta 20 persen untuk jalur mandiri.

“Akan lebih baik jika siswa yang sudah mendaftar SNMPTN jalur undangan ini, sambil menunggu pengumuman juga tetap menyiapkan diri untuk tes yang lain, disamping menyiapkan Ujian Nasional (UN). Sebab, kalau tidak lulus UN, secara otomatis akan tereliminasi dari daftar peserta SNMPTN,” tegas Yusuf.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : kompas
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
jurusan yang jarang diminati di UB ptn di malang PTN yang ada di malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs