Ditemukan Artikel Cabul, Dinas Pendidikan Batu Tarik Peredaran Buku

Rabu, 20 Maret 2013 - 19:23 WIB • Dibaca 420 kali

ILUSTRASI – Foto: ist

BATU, MALANGRAYA.info – Buku pelajaran muatan lokal Pendidikan Lingkungan Hidup untuk kelas II sekolah dasar di Batu, Jawa Timur, sudah ditarik dari peredaran. Penarikan dilakukan setelah ditemukan ada artikel yang menjurus ke pornografi. Artikel menggambarkan hubungan seksual sesama jenis atau homoseksual antarawarok dengan gemblak yang dikenal sebagai seniman reog Ponorogo. Artikel itu ditemukan di halaman 36 dan 37.

Baca Juga

“LKS akan diganti dengan yang baru. Gratis,” kata pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Budi Santoso, Selasa, 19 Maret 2013. Seluruh kepala sekolah, katanya, telah diperintahkan menarik seluruh LKS yang didistribusikan kepada siswa. Selanjutnya, LKS yang ditarik akan dimusnahkan. Menurut dia, artikel itu tak pantas disajikan untuk pelajar.

Dinas Pendidikan akan membentuk tim penyusun LKS baru untuk menggantikan LKS yang ditarik. Selain itu, tim ahli dari Universitas Negeri Malang akan mendampingi penyusunan LKS itu. Tim ahli ini bertugas mengawasi dan mengevaluasi seluruh isi dan materi LKS sebelum LKS dicetak dan diedarkan ke sekolah.

“LKS yang bermasalah ini dibuat tanpa didampingi ahli, tak ada pengawasan,” katanya. LKS itu, katanya, disusun pada 2010 lalu. Penyusunnya adalah seorang guru dan pengawas sekolah. Keduanya telah diberikan peringatan dan menyatakan permintaan maaf. Namun, Dinas Pendidikan tak memberikan sanksi terhadap kelalaiannya itu.

“Mereka tak sengaja. Kita pun tak punya wewenang,” katanya. Komisi Kesejahteraan Rakyat DPRD Batu Simon Purwo Ali meminta agar penyusun buku LKS dijatuhi sanksi tegas. Jika dibiarkan, ia khawatir akan terulang kasus yang sama. Apalagi, buku ini menyangkut pendidikan dan budi pekerti siswa. “Jangan dibiarkan. Hukum dan jatuhi sanksi tegas,” katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : tempo
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs