Demam Berdarah Merajalela Di Kabupaten Malang

Selasa, 19 Maret 2013 - 18:34 WIB • Dibaca 724 kali

Nyamuk aedes aegypti – Foto: ist

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Demam berdarah dengue (DBD) merajalela di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Serangan penyakit yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti itu sejak Januari hingga Maret 2013 telah merenggut delapan nyawa, dari 394 penderita.

Baca Juga

“Bahkan, untuk bulan Maret saja mencapai 127 jiwa. Dan, selama tiga bulan terakhir ini sudah delapan nyawa melayang karena DBD,” kata Lulus Condro Trikoratno, Kasi Pemberantasan Penyakit Menular Bersumber Binatang Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, kepada Antara, Selasa (19/3), di Malang.

Ia menjelaskan, Wilayah endemis DBD di Kabupaten Malang meliputi Kecamatan Lawang, Wagir, Singosari, Pakis, Turen, Kepanjen, dan Bululawang.

Delapan warga yang meninggal akibat DBD tersebut adalah warga Kecamatan Turen, Tajinan, Sumberpucung, dan Kepanjen. Mereka meninggal rata-rata terlambat dibawa ke rumah sakit, sehingga terlambat mendapatkan pertolongan.

Untuk mencegah meluasnya nyamuk DBD, Dinas Kesehatan melakukan pemberantasan jentik nyamuk Aedes Aegypti dengan pengasapan (fogging) di wilayah yang diketahui rawan DBD.

Lulus mengimbau masyarakat agar ekstra waspada menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu ini –kadang hujan kadang tidak, dengan cara mengecek kondisi lingkungan di sekelilingnya; apakah terdapat barang-barang yang memungkinkan nyamuk bersembunyi atau bertelur.

“Tempat-tempat yang berpotensi berkembangbiaknya nyamuk harus selalu dibersihkan, genangan air juga harus dicek, apakah ada nyamuk atau tidak. Akan lebih bagus lagi, ada atau tidak nyamuk, di tempat-tempat penampungan air harus tetap dikuras dan diberi serbuk abate sebagai antisipasi,” papar Lulus.

Melihat polanya, meningkatnya jumlah penderita DBD tersebut kemungkinan siklus lima tahunan. Pasalnya, pada 2012 jumlah penderita DBD di Kabupaten Malang “hanya” 173 jiwa, dan lima tahun lalu (2008) mencapai 1.000 jiwa lebih.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : Gatra
  • Dipublikasikan : Lukman Hakim
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs