Ciptakan Bahan Bakar Dari Urin

Senin, 18 Maret 2013 - 10:46 WIB • Dibaca 572 kali

Dua siswa sekolah di Malang, Jawa Timur membuat bahan bakar alternatif dari urine manusia. – Foto: kompasiana.com

KLOJEN, MALANGRAYA.info - Berawal dari bau pesing, dua siswa sekolah di Malang, Jawa Timur membuat bahan bakar alternatif dari urine manusia. Wow!

Baca Juga

Sebagian besar dari kita pasti menganggap kalau urine itu sebagai kotoran yang harus dibuang, atau dimanfaatkan menjadi pupuk penyubur tanaman. Tapi siapa sangka, ternyata limbah manusia ini bisa menjadi energi alternatif.

Di tangan Nando Nofia dan Nurul Inayah, siswa kelas XII SMU Negeri 10 Malang, urine diubahnya menjadi bahan bakar untuk menggerakan kendaraan bermotor. Melalui karya ilmiah mereka, keduanya meraih medali emas di ajang internasional Young Inovators Project Olympiad di Georgia.

Energi alternatif dari bahan bakar urine ini mampu menggerakan mobil radio kontrol yang bisa melaju dengan kecepatan 60 kilometer (km) per jam sejauh 17 km. Prinsip kerjanya, listrik bertenaga surya disimpan dalam baterai dan 75 persennya digunakan untuk menggerakan motor.

Sisanya, digunakan dalam proses elektronisasi urine yang juga menghasilkan listrik. Dengan alatelectrorizer tersebut, elektrolit menghasilkan gas hidrogen dan nitrogen sebagai limbah dilepas ke udara.

Tapi, urinenya pun nggak sembarangan. Urine yang bisa jadi bahan bakar ini harus datang dari manusia yang sehat dan tidak mempunyai kadar gula yang tinggi.

“Melalui lembaga riset, kami mencoba untuk menghubungkan ini. Karena proyek yang kami buat ini sebenarnya sangat-sangat mungkin untuk diterapkan di negara kita,” cerita Nando.

Mereka pun berharap, temuannya bisa terus dikembangkan dan direalisasikan menjadi bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar minyak yang semakin mahal dan cadangannya menipis. Mau tahu lebih lanjut? Lihat tautan ini yuk

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs