Pemulung dan PKL Dapat Kredit Usaha

Minggu, 17 Maret 2013 - 12:31 WIB • Dibaca 2,797 kali

ILUSTRASI – Foto: kompas

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Pemulung dan pedagang kaki lima (PKL) di Jawa Timur diberi kredit tanpa agunan. Tahun ini, anggaran yang disediakan untuk kredit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tersebut sebesar Rp 50 miliar.

Baca Juga

Pemberian kredit dilakukan oleh Bank UMKM Jawa Timur, bank milik pemerintah provinsi Jawa Timur. Pemberian kredit untuk para pemulung sudah dilakukan sejak setahun lalu. Kredit untuk PKL, pedagang pasar, wirausaha muda, dan koperasi sekolah baru diluncurkan pada Minggu (17/3/2013) di Politeknik Negeri Malang.

“Tujuannya agar mereka terhindar dari bank thitil. Kredit ini tanpa agunan, hanya menyertakan foto kopi KTP, dan menjadi nasabah Bank UMKM Jatim,” ujar Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Minggu di Malang.

Soekarwo berharap, pemberian kredit tanpa agunan ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat kecil di Jatim.

Direktur Utama Bank UMKM Jawa Timur, Soeroso, menerangkan bahwa hingga kini sudah ada 800 pemulung di Malang Raya yang mendapat kredit tersebut. Para pemulung dikelompokkan dalam pos-pos daya. Pengucuran uang dilakukan lewat pos daya tersebut.

“Lewat pos daya dikucurkan Rp 2 juta. Ditambah dana Pak Kumis (paket kredit untuk masyarakat ingin sejahtera) sebesar Rp 2,5 juta setahun. Nantinya diharapkan mereka bisa menabung dan mandiri karena usaha terus berkembang,” ujar Soeroso.

Dana kredit Pak Kumis ini maksimal sebesar Rp 2,5 juta, dengan dibayar per minggu. Lama cicilan selama satu tahun, dengan bunga enam persen setahun.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : kompas
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
koperasi tanpa jaminan di malang tempat peminjaman uang tanpa jaminan d malang pinjam 1 juta tanpa jaminan di koperasi malang 2017 pinjaman koperasi tanpa jaminan di malang pinjaman uang di malang tanpa jaminan pinjaman uang tanpa agunan di malang 2017 berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs