Pemkab Malang Alokasikan 43,7 Milyar Untuk Perbaikan Jalan

Sabtu, 16 Maret 2013 - 08:27 WIB • Dibaca 171 kali

Salah satu peringatan unik untuk memperingati pengendara bahwa jalan rusak – Foto: antara

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Jawa Timur, mengalokasikan anggaran Rp43,7 miliar melalui APBD 2013 untuk perbaikan jalan rusak termasuk diantaranya akibat bencana banjir dan tanah longsor.

Baca Juga

Kepala Dinas Bina Marga Pemkab Malang Mochamad Anwar kepada wartawan, Jumat (15/3), mengatakan sudah membuat skala prioritas perbaikan dan peningkatan jalan raya kabupaten.

Hasil pendataan menyebutkan bahwa 333 kilometer (km) jalan raya kabupaten mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat. Sedangkan jalan desa yang rusak mencapai 600 km. Sehingga total penanganan jalan pada Maret-Desember 2013 ini sepanjang 933 km.

“Untuk perbaikan jalan desa, nantinya dilakukan secara bertahap menggunakan dana program kemitraan,” tegasnya.

Panjang jalan di Kabupaten Malang terbagi atas jalan negara 115,63 km, jalan provinsi 128,80 km, jalan kabupaten 1.668 km, dan jalan desa 6.907,92 km.

Jalan rusak akibat bencana alam selama 2012 yang sudah ditangani baru mencapai 61%. Perbaikan dan pemeliharaan selanjutnya diteruskan menggunakan anggaran APBD 2013. Secara bertahap, Pemkab akan meningkatkan kualitas jalan untuk keselamatan masyarakat.

Perbaikan tersebut diutamakan pada kondisi berlubang, bergelombang, dan longsor terutama untuk jalan kabupaten. Kerusakan akibat bencana tahun ini dinilai cukup tinggi mencapai 20% dari total panjang jalan kabupaten. “Perbaikan juga menyentuh akses ke obyek wisata,” ujarnya.

Peningkatan jalan desa juga dilakukan bertahap mengingat terbatasnya anggaran.

Untuk itu pihaknya mendorong pemerintah desa berperan aktif turut memperbaiki jalan rusak di desa masing-masing tanpa mengharapkan dana bantuan dari Pemkab secara penuh.

“Kami mendorong perbaikan jalan desa melalui program kemitraan,” katanya.

Ia menjelaskan prioritas pembangunan jalan desa terutama akses menuju pelayanan publik diantaranya kantor pemerintah desa, kantor kecamatan, sekolah, dan layanan kesehatan.

Sejauh ini, lanjutnya, mekanisme penyaluran dana kemitraan dilakukan melalui pengajuan proposal oleh pemerintah desa. Sampai dengan Maret ini sudah ada 2 ribu proposal dari 378 desa yang minta bantuan dana tersebut.

“Tapi yang kami disetujui hanya 400 proposal, terutama berkaitan dengan perbaikan jalan desa menuju layanan publik,” tegasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : metro tv
  • Dipublikasikan : Lukman Hakim
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs