Dua Bulan Menjelang Pilkada, Jumlah Pemilih Menyusut

Jumat, 15 Maret 2013 - 13:34 WIB • Dibaca 103 kali

ILUSTRASI – Foto: ist

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Jumlah pemilih pada Pilkada Kota Malang dua bulan menjelang pencontrengan, mengalami penyusutan cukup signifikan, yakni sebanyak 18.395 pemilih.

Baca Juga

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Hendry ST, mengatakan, penyusutan tersebut karena banyak daftar yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

“Setelah KPU melakukan verifikasi data penduduk, banyak ketua RT/RW yang merasa tidak ada nama penduduk seperti yang tercantum dalam daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang diserahkan Dispendukcapil awal Desember lalu,” kata Hendry.

Karena tidak sesuai dengan nama di DP4, maka nama tersebut langsung dicoret. Selain itu, KPU juga menemukan fakta jika ketua RT/RW juga mengeluhkan kinerja Dispendukcapil, sebab ketua RT/RW telah mencoret penduduknya yang sudah pindah alamat atau meninggal, namun tetap muncul di DP4.

Sesuai data DP4 yang diserahkan Dispendukcapil, jumlah pemilih dalam Pilkada Mei mendatang sebanyak 631.216 jiwa, namun setelah dilakukan verifikasi di lapangan menyusut menjadi 612.821 jiwa atau berkurang sebanyak 18.395 jiwa.

Menurut Hendry, penyusutan data pemilih tersebut bisa bertambah, sebab validasi dan verifikasi data di lapangan masih terus dilakukan hingga tahap penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pada 1 April mendatang.

Menanggapi tingginya penyusutan data pemilih pilkada tersebut Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Dispendukcapil M Sulthon mengaku jika pihaknya sudah melakukan validasi secara maksimal.

Jika dalam verifikasi yang dilakukan KPU ternyata masih ditemukan data yang tidak sesuai di lapangan, katanya, kemungkinan besar penduduk bersangkutan tidak mengajukan surat pindah ketika mereka pindah alamat.

“Bisa saja mereka pindah begitu saja tanpa mengajukan surat pindah, sehingga datanya masih tetap ada, bahkan ada warga pada saat validasi masih belum meninggal dan ketika KPU melakukan verifikasi ternyata sudah meninggal,” tegas Sulthon.

Pilkada Kota Malang digelar 23 Mei 2013 dan kemungkinan besar akan diikuti oleh enam pasangan calon, yakni pasangan Sri Rahayu-Priyatmoko Oetomo (PDIP), Moch Anton-Sutiaji (PKB-Gerindra), Heri Puji Utami-Sofyan Edi Jarwoko (Partai Golkar-PAN), Agus Dono-Arif HS (Demokrat-PKS), Dwi Cahyono-Muh Nur Uddin serta Ahmad Mujais-Yunar Mulya dari jalur perseorangan.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs