Lomba Kampung Bersinar Dalam Penghijauan Gang Sempit

Kamis, 14 Maret 2013 - 14:44 WIB • Dibaca 840 kali

Juri melakukan penilaian di RW 06 Kelurahan Mergosono – Foto: malang post

KEDUNGKANDANG, MALANGRAYA.info – Hidup di wilayah kampung padat dengan lorong-lorong jalan yang sempit tidak menyurutkan niat warga untuk mengikuti Lomba Kampung Bersinar. Seperti semangat yang dimiliki oleh warga RW 06 Kelurahan Mergosono, Kecamatan Kedungkandang. Minimnya lahan untuk penghijauan tidak membuat warga putus asa. Mereka tetap bisa menjadikan wilayah yang mereka tinggali tampak hijau.

Baca Juga

Hal ini terlihat ketika Tim Juri I Lomba Kampung Bersinar melakukan kunjungan ke wilayah yang berbatasan dengan Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun ini, kemarin. Hampir di seluruh gang-gang kecil di kawasan RW yang memiliki 12 RT ini dipenuhi tanaman di sepanjang sisinya. Pada beberapa gang yang teramata sempit, sehingga pot tanaman pun tidak bisa ditaruh, warga memanfaatkan gelas kemasan air mineral sebagai pot-pot kecil. Agar tidak mengganggu pengguna jalan atau motor, pot-pot mungil tersebut ditempelkan pada tembok gang.

Jika tidak menggunakan pot sebagai tempat tanaman, warga yang tinggal di sisi kali Brantas itu menggunakan polybag. Kebanyakan, tanaman yang ditempatkan pada kantong plastik berwarna hitam dengan beberapa lubang sebagai tempat sirkulasi udara itu adalah jenis tanaman pangan. Seperti, kangkung, terong, bungkul, lombok, serta beberapa jenis sayuran lainnya. Bunga-bunga dari berbagai jenis juga tampak banyak menghiasi pelataran sempit pada rumah-rumah warga dan gang-gang yang naik turun di kawasan tersebut.

Ketua Panitia lomba, Andi Hamzah, saat memberikan sambutan di aula RW 06 Kelurahan Mergosono memberikan apresiasi positif atas upaya warga tersebut. “Berdasarkan masukan dari beberapa teman juri, wilayah di sini mengalami peningkatan yang cukup signifikan terutama pada sisi penghijauan dan kegiatan Bank Sampah Malang (BSM). Saya juga melihat, dari sisi kebersihan sudah berada pada posisi di atas bagus. Semangat seperti ini perlu terus ditumbuhkembangkan kepada warga agar kesehatan kita tetap terjaga karena kondisi lingkungan yang juga terjaga,” ujarnya.

Pria asal Sulawesi ini juga berpesan agar warga tidak lupa menyediakan dua jenis tempat sampah. Yaitu tempat sampah basah dan kering. “Tempat sampah tidak usah menggunakan yang mahal. Jika sudah punya tempat sampah karet, digunakan saja untuk sampah basah. Sementara untuk tempat sampah kering, cukup menggunakan glangsi atau karung. Atau, dos-dos bekas kemasan air mineral juga bisa.Glangsi dan dos tesebut juga bisa digunakan wahana untuk membuat kompos kalau tidak punya komposter,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu anggota Tim Juri I dari BSM, Ery Sumarni, SH, juga mengaku bangga dengan perkembangan yang terjadi di RW tersebut. “Bagus. Pada penilaian pertama dan kedua belum ada kegiatan BSM. Tetapi, kali ini pada penilaian ketiga sudah terbentuk. Namanya, Seroja Timur. Anggotanya sekitar 30 orang dan sudah ada transaksi lagi. Kalau cuma dibayang-bayangkan memang rasanya sulit. Tetapi, kalau sudah dilakukan terasa gampang dan menyenangkan,” kata Ery. Sekadar diketahui, Tim Juri I terdiri dari Dharsono (Ketua Kader Lingkungan Kota Malang), Ery Sumarni (BSM), Fitri Yudawastuning (TP PKK Kota Malang), Catharina Galuh, Sst, Mkes (Stikes Kendedes Malang).

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs