Longsor di Desa Taji Rusak Tujuh Rumah

Rabu, 13 Maret 2013 - 15:40 WIB • Dibaca 219 kali

Jalur menuju Desa Taji Kecamatan Jabung Kabupaten Malang Jawa Timur yang tertimbun longsor, Rabu (13/3/2013). – Foto: Kompas.com

JABUNG, MALANGRAYA.info – Sedikitnya tujuh rumah rusak akibat tanah longsor yang terjadi di Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang Jawa Timur, Selasa (12/3/2013) pukul 16.00 WIB. Hingga Rabu (13/3/2013) siang, jalan menuju desa tersebut masih tertutup longsoran.

Baca Juga

“Desa Taji sementara masih terisolasi. Ada 18 titik longsoran di sepanjang jalan desa. Warga dan aparat bekerja sama berusaha membuka jalan,” tutur petugas sandi Kabupaten Malang, Bagyo, Rabu (13/3/2013).

Menurut Bagyo, rumah yang terkena longsor rusak pada bagian dapur dan kamar mandi. Bagian rumah-rumah tersebut terbawa longsor atau tertimbun longsoran.

Dua Dusun Terisolasi

Dua dusun di Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yaitu Dusun Krajan dan Dusun Umbut Legi, hingga Rabu (13/3/2013) pukul 13.30 WIB masih terisolasi.

Jalur menuju Nongkojajar Pasuruan tidak bisa dilewati karena tertimbun longsoran, sedangkan jalur ke arah Malang hingga kini masih sulit dilalui kendaraan. Hanya motor trail yang bisa mengakses jalur menuju Desa Taji. Pengendara sepeda motor jenis lain, akan terhenti di tengah jalan karena jalan becek.

“Hingga kini buldoser masih standby di bawah. Jika cuaca mendukung, baru akan diperintahkan naik. Daripada nanti cuaca kembali buruk, sehingga saat buldoser bekerja justru akan memperparah longsoran,” ujar Ngastain, Kepala Desa Taji, Rabu (13/3/2013).

Buldoser, menurut Ngastain akan digunakan untuk mengeruk longsor yang menutupi jalur Desa Taji ke arah Dusun Umbut Legi. Jalur itu masih tertimbun longsoran.

“Memang bisa dibilang desa ini masih terisolasi, karena kendaraan roda empat masih belum bisa lewat. Kendaraan bermotor pun baru motor trail yang bisa. Namun seluruh aparat,perangkat, dan warga terus bahu-membahu menyingkirkan 21 longsoran yang menutup jalur menuju Desa Taji. Semoga dalam 1-2 hari ini jalur sudah bisa dibuka,” ujar Bagyo Setiono, Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang.

Meski terisolasi, bahan kebutuhan pokok untuk para korban bencana menurut Bagyo masih aman. Selain persediaan warga masih banyak, bantuan dari Pemkab Malang juga mengalir.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : Kompas.com
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs