Pemilukada Kota Malang 2013

Butuh 4800 Petugas KPPS Untuk Pilkada Kota Malang

Rabu, 13 Maret 2013 - 12:06 WIB • Dibaca 159 kali

ILUSTRASI – Foto: hukumonline.com

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Kota Malang, Jawa Timur, yang digelar 23 Maret mendatang diperkirakan membutuhkan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) sekitar 8.400 personel.

Baca Juga

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Sosialisasi Zainuddin ST, Rabu mengemukakan, 8.400 personel tersebut akan disebar di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS).

“Jumlah TPS ini memang masih tergantung dari jumlah pemilih yang sudah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), namun perkiraan kami jumlah TPS yang dibutuhkan sekitar 1.200 lokasi. Setiap TPS nanti dijaga oleh tujuh orang KPPS, sehingga jumlah keseluruhan KPPS mencapai 8.400 orang,” katanya, menambahkan.

Menurut dia, saat ini agenda KPU masih dalam tahapan pengumuman dan perbaikan daftar pemilih sementara (DPS). Untuk pencatatan data pemilih tambahan dimulai pada 16-18 Maret dan pengumumannya pada 19-21 Maret.

Setelah itu, lanjutnya, pengesahan DPT oleh panitia pemungutan suara (PPS) pada 31 Maret. Setelah itu baru dilakukan rekapitulasi oleh panitia pemungutan kecamatan (PPK) dan ditetapkan KPU pada awal April mendatang.

Karena jumlah pemilih berkaitan dengan kebutuhan TPS, katanya, masyarakat diimbau untuk berpartisipasi dalam penentuan DPS dan DPT. Jika ada yang belum masuk DPS, maka harus berperan aktif menghubungi PPS di kelurahan masing-masing.

Menyinggung TPS di Lembaga Pemasyarakatan (LP), baik di Lowokwaru maupun di Sukun, Zainuddin mengatakan, masih dilakukan pendataan. Rencananya di LP ada TPS sendiri dan dilengkapi KPPS guna mengantisipasi pemilih dobel.

Sebelumnya pemilih di LP ikut dengan TPS terdekat dari lokasi LP dan petugas yang mendatangi LP, namun kadang-kadang masih ditemukan pemilih ganda karena tercatat di TPS berbeda.

Saat ini ada enam pasangan calon yang sudah mendaftar ke KPU sebagai peserta Pilkada. Dan, berkas-berkas kelengkapan persyaratannya masih dalam tahap verifikasi ulang setelah masa perbaikan berakhir 9 Maret lalu.

Keenam pasangan bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang tersebut, dua pasangan adalah calon perseorangan dan empat lainnya diusung oleh partai politik.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
pilkada kota malang 2013 berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs