Pemkot Harus Atur Zonasi Menara Telekomunikasi

Rabu, 13 Maret 2013 - 10:43 WIB • Dibaca 71 kali

ILUSTRASI – Foto: ist

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Malang, Jawa Timur, mendesak pemkot setempat untuk menangani secara serius zonasi menara telekomunikasi seluler yang kian menjamur di daerah itu.

Baca Juga

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kota Malang Indra Tjahyono di Malang, Rabu, mengatakan zonasi lokasi pembangunan menara seluler itu harus menjadi perhatian serius agar operator tidak seenaknya membangun menara tanpa memperhatikan lingkungan sekitarnya.

“Tidak hanya zonasi yang harus menjadi perhatian serius, tapi juga jaminan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan masyarakat sekitar menara serta kelestarian lingkungannya,” katanya.

Indra mengatakan zonasi tersebut juga harus tetap memperhatikan persyaratan pemanfaatan ruang dan ketentuan pengendaliannya. Kawasan mana yang diperbolehkan dan zona mana yang dilarang untuk pembangunan menara seluler.

Anggota Fraksi PAN Pujianto mengingatkan perlunya aturan dan mekanisme yang jelas terkait izin mendirikan menara seluler tersebut. Oleh karena itu, katanya, dalam pembahasan rancangan peraturan daerah (ranperda) terkait penyelenggaraan menara telekomunikasi itu harus melibatkan banyak pihak terkait dengan telekomunikasi.

Menurut dia, keterlibatan masyarakat yang bergerak di bidang telekomunikasi tersebut penting, lebih-lebih pengelola bandara yang juga berkepentingan terhadap pengaturan dan keselamatan udara di wilayah Kota Malang dan sekitarnya.

Jumlah menara seluler di Kota Malang saat ini mencapai 256 lokasi, namun yang mengantongi izin (resmi) hanya 39 menara. Bahkan, lokasi pembangunannya sebagian besar di kawasan pemukiman padat penduduk.

Ketua DPRD Kota Malang Arif Darmawan mengatakan melihat banyaknya menara tersebut, seharusnya pemkot membatasi izin pendirian menara baru. Kalau pun ada operator baru, katanya, menaranya harus bergabung dengan operator lain guna meminimalkan menjamurnya menara baru.

“Satu menara bisa digunakan minimal untuk tiga operator, sehingga lebih efesien dan zonasi pembangunan menara seluler yang digagas beberapa tahun lalu bisa terealisasi dan aturannya pun juga dipertegas,” kata Arif.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : seruu.com
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs