Ribuan Kilometer Jalan Desa Di Malang Rusak

Rabu, 13 Maret 2013 - 10:23 WIB • Dibaca 82 kali

Jalanan Rusak di Kabupaten Malang – Foto: metro tv

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Sedikitnya 2.800 di antara 6.902 kilometer jalan desa di Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengalami kerusakan cukup parah.

Baca Juga

Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang Mohammad Anwar, Rabu (13/3) mengakui dari 2.800 kilometer jalan yang rusak tersebut, yang bisa diperbaiki pada 2013 hanya sepanjang 600 kilometer dengan anggaran sebesar Rp43,7 miliar.

“Anggaran itu pun dari dana kemitraan. Karena anggarannya sangat terbatas, penyelesaiannya juga dilakukan secara bertahap dan diprioritaskan bagi jalan yang benar-benar mendesak, yakni jalan yang menjadi akses layanan publik, seperti kantor desa, tempat pendidikan, dan layanan kesehatan,” katanya.

Ia mengakui pengajuan dana kemitraan untuk pembangunan jalan desa itu sebanyak 2 ribu proposal dari 378 pemerintah desa, namun yang disetujui hanya 400 proposal dengan jalan rusak yang bakal diperbaiki sepanjang 600 kilometer.

Program kemitraan seperti itu, katanya, bisa membantu warga untuk memperbaiki kondisi jalan desa yang tidak mungkin semuanya dikerjakan oleh Bina Marga. “Panjang jalan desa mencapai 6.902 kilometer, namun yang sudah diperbaiki baru sekitar 61 persen sampai akhir 2012,” katanya. Menurut dia, anggaran kemitraan pada 2013 meningkat dibandingkan dengan pada 2012 yang hanya Rp38,7 miliar.

Hanya saja, katanya, untuk akses jalan ke kawasan yang padat penduduk, tidak mendapat dana kemitraan karena desa bisa memakai dana Pemberdayaan Nasional Masyarakat Mandiri (PNPM).

Meski banyak sumber anggaran yang bisa digunakan untuk memperbaiki jalan dan drainase yang rusak, katanya, tetap saja tidak akan mencukupi karena sering kali terjadi kebutuhan perbaikan yang mendesak (darurat), sehingga yang sudah diprogramkan menjadi dinomorduakan.

Menyinggung penyelesaian perbaikan jalan-jalan desa yang rusak tersebut, Anwar mengatakan, tidak bisa memastikan, apakah lima tahun atau 10 tahun ke depan karena banyak perbaikan jalan yang harus dilakukan secara mendesak.

“Yang pasti kami akan terus mengupayakan anggaran perbaikan jalan ini dari tahun ke tahun meningkat agar bisa segera tuntas, baik anggaran dari kemitraan, pemerintah pusat, maupun daerah,” katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : metro tv
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs