Panen Raya, Harga Beras Turun

Selasa, 12 Maret 2013 - 23:26 WIB • Dibaca 1,357 kali

ILUSTRASI – Foto: metro tv

SINGOSARI, MALANGRAYA.info – Harga gabah dan beras di tingkat petani di Kabupaten Malang, Jawa Timur, mulai turun karena sejumlah daerah memasuki musim panen raya.

Baca Juga

Menurut sejumlah petani di Kecamatan Singosari menyebutkan sebelumnya harga gabah kering panen (GKP) mencapai Rp4.000 per kilogram (kg),
sekarang turun menjadi Rp3.700 per kg.

“Harga beras juga turun menjadi Rp7.600 per kg dari harga sebelumnya Rp8.000 per kg di tingkat penggilingan,” tegas Subakir, petani warga Langlang, Kecamatan Singosari kepada Media Indonesia, Selasa (12/3).

Penurunan harga itu karena ketersediaan beras mulai melimpah. Pasalnya sejumlah kabupaten/kota di Jatim mulai memasuki panen raya. Petani dari Kabupaten Blitar, Kediri, dan Nganjuk bahkan menjual gabah kering panen ke Kabupaten Malang seharga Rp3.500 per kg.

“Dampaknya adalah harga gabah di Malang anjlok,” ujarnya. Ia menjelaskan petani biasanya menjual beras IR64 di penggilingan seharga Rp7.600 per kg. Selanjutnya pengusaha penggilingan menjualnya ke pedagang seharga Rp8.000 per kg. “Kalau sudah masuk pasaran harganya bisa mencapai 8.500 per kg,” tegasnya.

Mekanisme pasar seperti itu sudah dimaklumi petani kendati panen kali ini tidak optimal akibat terserang hama dan penyakit. “Panen tidak maksimal, hanya dapat 5,5 ton per hektare. Padahal panen sebelumnya bisa mencapai 10 ton. Penyebabnya karena serangan penyakit dan hama,” ujarnya.

Serangan hama menyebabkan bulir padi menjadi gabuk atau tidak ada isinya. Kendati demikian, Subakir tidak mengeluh karena harga gabah dan
beras sekarang tidak membuatnya rugi. Selain itu masih di atas harga pembelian pemerintah (HPP).

Untuk HPP beras ditetapkan Rp6.600 per kg, HPP Gabah Kering Panen (GKP) Rp3.300 dan Rp3.350 per kg di tingkat petani dan penggilingan. Sementara itu HPP Gabah Kering Giling (GKG) Rp4.150 dan Rp4.200 per kg di tingkat penggilingan dan gudang Bulog.

Pengusaha penggilingan padi di Singosari, Kabupaten Malang, Munif Maulidi mengatakan dengan harga jual gabah seharga Rp3.700 per kg dan beras Rp7.700 per kg, petani sudah untung.

“Harga beras di tingkat petani sekarang Rp7.700 per kg dari harga sebelumnya di penggilan Rp7.900 per kg. Penurunan harga sejak ada panen dari Jombang, Kediri, Nganjuk dan daerah kulonan lainnya,” tegas Munif.

Penurunan harga ini diharapkan mempercepat pengadaan beras dan gabah di Bulog Malang. Selanjutnya harga beras di pasaran bisa stabil. Pasalnya selama Januari-Februari, Bulog Malang hanya mampu menyerap 30 ton gabah dan 75 ton beras. Sedangkan harga beras di pasaran sempat menyentuh Rp9.000 per kg.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : metro tv
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
wbst us berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs