Karya Inovatif Untuk Pengguna Android

Selasa, 12 Maret 2013 - 17:14 WIB • Dibaca 282 kali

mahasiswa program studi (Prodi) D3 Teknik Informatika Politeknik Kota Malang (Poltekom) – Foto: malang post

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Sebagai bagian dari tugas akhir, mahasiswa program studi (Prodi) D3 Teknik Informatika Politeknik Kota Malang (Poltekom) membuat sejumlah karya inovatif. Di antaranya aplikasi baru yang bisa dimanfaatkan pengguna Android.

Baca Juga

Mirabella Dian Wahyudi Putri, mahasiswa D3 TI sukses merancang aplikasi bernama ABC Kids berbasis Android mobile. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan sebagai pembelajaran mahasiswa usia 4-6 tahun sebagai media pembelajaran alfabet. “Aplikasi ini bisa memermudah anak dalam mengenal dan memahami alfabet. Sebab dilengkapi dengan gambar suara, ejaan dan juga warna,” ungkap alumnus SMAN 3 Malang ini. Nur Qomariah Fil Laili, alumnus SMAN 9 Malang ini menciptakan sebuah aplikasi untuk belajar Iqro’. Terdiri dari pengenalan huruf hijaiyah, tajwid, dan latihan soalnya.

Keunggulan aplikasi pembelajara huruf hijaiyah dengan tajwid berbasis Android ini dapat membantu pengguna dalam mengenal jumlah dan jenis huruf hijaiyah yang dilengkapi display suara dan cara pengejaannya. “Sebelum diaplikasikan, kreasi saya ini juga sudah diuji oleh dosen dan juga teman yang pernah belajar di pondok pesantren,” ujarnya.

Anggrelia Pradina Kisyanda sukses membuat aplikasi KMS (Kartu Menuju Sehat) digital. Yaitu sebuah sistem informasi yang dibuat dengan tujuan memermudah orang tua dalam memantau perkembangan anak mereka. Selain itu aplikasi ini juga memberikan selayaknya buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak).

Arif Andrian, sukses merancang Sistem Informasi Akses Penilaian Online (SIAPOL). Yaitu sebuah sistem informasi yang digunakan untuk melakukan fungsi manajemen nilai siswa pada sekolah yang bersangkutan.Secara umum, Siapol ini merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengolah nilai-nilai yang di-input-kan oleh pengguna tertentu sehingga nanti output-nya adalah berupa tampilan seperti raport tiap semester yang sering dijumpai.

Dina Soraya merancang Sistem Informasi Unit Gawat Darurat (SIUGD) yaitu sistem informasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas pengumpulan rekam medik (medical record). Dengan aplikasi ini maka sistem pendaftaran bisa langsung menyeleksi pasien UGD sesuai tingkat kegawatannya.
Metode pemilahan pasien yaitu triase/triage (derajat kegawatan pasien) yang hanya ada dalam sistem antrean UGD. Kelebihan lain dibandingkan dengan sistem yang pernah ada yaitu adanya purchase pemesanan obat dari UGD kepada Puskesmas selakui nstansi yang menaungi Unit Gawat Darurat.

Iin Farlina, merancang Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada SMP Negeri 2 Malang. Ia membuat sistem yang memberikan informasi laporan keaktifan siswa secara intranet yaitu hanya bisa diakses dalam area lokal saja khususnya area SMP Negeri 2 Malang yang berupa laporan nilai akhir siswa yang bersangkutan dengan berbasiskan web, sehingga membantu kecepatan dan kualitas dalam penyampaian informasi.

Krisna Adiwiranata, sukses membuat tugas akhir yang memudahkan kampus Poltekom dalam absensi mahasiswa. Dengan aplikasi ini maka absensi mengarah pada layanan paperless dan praktis dimanfaatkan.

Eko Dedy, membuat Sistem Informasi Pengolahan Arsip Surat atau yang bisa disebut SIPAS merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membantu dalam melakukan pengolahan surat masuk dan surat keluar beserta proses distribusinya atau yang biasa disebut disposisi surat.

SIPAS memiliki beberapa fitur yang menunjang dalam pengolahan surat serta fitur pengarsipan secara digital. Selain itu juga memiliki fitur multiuser yang memudahkan dalam proses distribusi surat kepada pegawai yang bersangkutan melalui account pegawai dalam SIPAS.

Renny Octaviani, membuat tugas akhir berjudul Rancang Bangun Sistem Informasi Koperasi Karyawan Politeknik Kota Malang Berbasis Web. Yaitu sebuah sistem informasi yang digunakan untuk memermudah dan mempercepat penyajian informasi dan pengelolaan transaksi keuangan. Dari hasil pengujian, sistem ini mampu membuat laporan keuangan yang dibutuhkan dengan tepat dan multy platform, dapat pula menyajikan daftar perhitungan pembagian SHU kepada masing-masing anggota sesuai prosentase pembagian SHU dan jumlah partisipasi.

Dwiyana Kurniawan, berfikir maju untuk berwirausaha dengan membuat perusahan bernama sekawanweb. Web ini menjadi wadah untuk menampung hasil tugas akhir mahasiswa yang bisa dibeli oleh masyarakat umum.

Sekawanweb adalah sekumpulan tenaga muda profesional yang bergerak dibidang Teknologi Informasi. Menyediakan jasa layanan pembuatan website dan Sistem Informasi bagi agency, instansi, perusahaan, komunitas maupun personal. Sekawanweb juga mengembangkan produk untuk aplikasi berbasis mobile (android).

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs