Pemerintah Angkat Tangan Atasi Lonjakan Harga Bawang Putih

Selasa, 12 Maret 2013 - 16:01 WIB • Dibaca 96 kali

ILUSTRASI – Foto: rakyatsulsel.com

KEDUNGKANDANG, MALANGRAYA.info – Melonjaknya harga bawang putih dan bawang merah juga terjadi di wilayah Kota Malang. Di kota pendidikan ini, harga bawang putih mencapai Rp 60 ribu per kilogramnya, serta Rp 40 ribu untuk harga bawang merah atau sama dengan di Kota Batu.

Baca Juga

Meski demikian, Pemkot Malang mengaku tak bisa berbuat banyak dengan melonjaknya harga bawang. “Kenaikan harga bawang kali ini sudah tidak wajar. Dengan harga itu, daya beli masyarakat kecil banyak yang tidak bisa menjangkau,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Malang, Hadi Santoso, Selasa (12/3/2013).

Menurutnya, kenaikan harga bawang disebabkan faktor cuaca yang membuat petani palawija gagal panen, sehingga stok bawang lokal menipis. Ditambah lagi dengan keputusan pemerintah untuk menghentikan impor bawang dari Cina.

“Kalau menyangkut bawang, kami tidak bisa berbuat apa-apa. Karena wewenang kami hanyalah untuk mengendalikan stok dan harga sembako, seperti beras, minyak, gula dan beberapa item lainnya,” ujar mantan Kadis PU Pemkot Malang ini.

Pihaknya berharap, stok bawang di pasaran bisa kembali normal. Pasalnya, pengendalian pasar murah pun tidak dapat mengatasi naiknya harga bawang. “Saat ini petani yang menanam bawang putih dan bawang merah semakin berkurang karena banyak yang gagal panen,” tandasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs