1000 Point Untuk Lulus Di UB

Senin, 11 Maret 2013 - 19:27 WIB • Dibaca 75 kali

Universitas Brawijaya akan menjadikan nilai kegiatan mahasiswa sebagai syarat kelulusan. – Foto: dok.UB

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Jika di perguruan tinggi lain berbagai kegiatan mahasiswa dalam lingkungan kampus dilakukan untuk menyalurkan hobi dan mengisi waktu luang, maka di Universitas Brawijaya (UB) kegiatan tersebut justru menjadi syarat kelulusan.

Baca Juga

Pembantu Dekan III Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) UB Edy Santoso menyebut, semua kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa akan menjadi syarat kelulusan yang harus dilampirkan pada saat mengajukan sidang skripsi. Setiap kegiatan tersebut, lanjutnya, akan mendapat nilai tersendiri dari pihak kampus.

“Mahasiswa yang terlibat di dalam sebuah kegiatan selama dia masih kuliah di UB akan mendapat poin. Poin tersebut akan menjadi syarat pada saat akan mengajukan sidang skripsi. Setiap mahasiswa harus mengumpulkan 1.000 poin,” ujar Edy, seperti dikutip dari situs resmi UB, Prasetya Online, Senin (11/3/2013).

Edy mengatakan, ada lima kriteria kegiatan yang dimasukkan ke dalam poin, yaitu organisasi atau kelembagaan, kepanitiaan, lomba atau pagelaran, seminar, dan asistensi dosen atau praktikum atau laboratorium. “Dari setiap kegiatan yang mereka lakukan, harus ada bukti keikutsertaaan, berupa sertifikat atau surat tugas,” paparnya.

Dia menjelaskan, setiap poin yang diberikan akan terekam dalam sistem akademik. Sehingga, keuntungan lain yang diperoleh mahasiswa adalah ketika akan melamar pekerjaan karena berbagai kegiatan tersebut akan langsung terlampir dalam transkrip yang biasanya dilampirkan bersama curriculum vitae (CV).

Program tersebut, lanjutnya, merupakan usulan Pembantu Rektor (PR) III UB H.R.B Ainurrrasyid guna memberikan penghargaan pada setiap mahasiswa sehingga lebih giat untuk ikut serta dalam setiap kegiatan atau perlombaan.

“Selama ini mahasiswa cenderung didorong untuk ikut serta dalam kegiatan atau perlombaan sehingga tidak banyak mahasiswa yang aktif dalam setiap perlombaan,” kata Edy.

Edy mencontohkan, pada saat kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UB 2013, target judul per fakultas masih belum bisa dicapai. Dari 200 judul proposal per fakultas yang ditargetkan, hanya bisa terpenuhi di bawahnya. Sehingga, perlu program yang bisa menggenjot mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan atau lomba.

“Untuk merealisasikan program tersebut, saat ini kami masih mengadakan sosialisasi kepada PD III seluruh fakultas di UB. Setelahnya, kami akan melakukan analisis kebutuhan desain, baru dilakukan implementasi,” ungkapnya.

Jika disepakati, kata Edy, maka program tersebut akan diimplementasikan untuk mahasiswa jenjang sarjana pada 2013. Selain UB, kampus lain yang akan menerapkan sistem serupa adalah Universitas Diponegoro (Undip).

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs