Diduga Sengketa, Kebun SDN Jatiguwi 02 Disoal Perangkat Desa

Senin, 11 Maret 2013 - 17:48 WIB • Dibaca 213 kali

ILUSTRASI – Foto: jpnn.com

SUMBERPUCUNG, MALANGRAYA.info – Papan bertuliskan “Kebun Sekolah Tanah Milik Pemkab Malang Yang Diserahkan Hak Pemakaiannya untuk SD Negeri Jatiguwi 02” dicopot perangkat Desa Jatiguwi 02, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Baca Juga

Papan itu berdiri di kebun sekolah persisinya di belakang SDN tersebut sejak 5 Maret 2013 lalu. Tapi, kemudian dicopot tiga perangkat desa pada Kamis, 7 Maret 2013 lalu. Saksi mata pencopotan itu adalah Mbah Tun, penjaga sekolah.

“Dicopot pagi hari. Salah satunya adalah Pak Carik (Sekretaris Desa),” cetus Mbah Tun ketika bertemu Surya.co.id di kebun sekolah setempat, Senin (11/3/2013).

Atas kejadian ini, sekolah sempat kaget. “Tapi sekolah sendiri tidak memiliki kepentingan apa-apa. Kaget saja dengan pencopotan itu,” kata Ayundari, guru sekolah didampingi Edy Munasip, kepala sekolah.

Keduanya kebetulan sedang tidak ada di sekolah saat kejadian itu. Alasannya, mereka memiliki beban pribadi karena mendapat amanah untuk memasang papan itu di sekolah. Lahan di sekolah itu merupakan sebagian dari lahan sengketa antara Pemkab Malang dengan ahli waris yang masih belum klir hingga kini.

Menurut Edy, sekolah tidak memasang begitu saja papan itu. Tapi, bermula dari kunjungan beberapa pihak ke sekolah tersebut pada 15 Maret 2012 lalu. Saat itu, yang menerima kedatangan para tamu adalah Edy, Ayu, dan seorang guru lain, Yatini. Tamu itu antara lain dari Badan Pertanahan Kabupaten Malang, Dindik, Bagian Hukum. Mereka meminta ke sekolah agar memasang papan nama. Isinya juga berasal dari saran mereka. Setelah itu, sekolah pun memesan papan nama itu dari uang sekolah.

Menurut Ayu, sebelum memasang itu, sekolah juga sudah menanyakan mengenai bukti kepemilikannya Pemkab Malang.

“Tapi disebutkan mereka, untuk lahan sekolah dan balai desa sudah menjadi milik Pemkab Malang dan dalam proses disertifikatkan,” katanya mengutip pernyataan beberapa pihak yang datang ke sekolah itu.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal jatiguwi berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs