Umat Hindu Malang Raya Bakar Ogoh-Ogoh Jelang Nyepi

Senin, 11 Maret 2013 - 17:07 WIB • Dibaca 307 kali

Umat Hindu di Malang Raya, Jawa Timur, mempersiapkan pembakaran ogoh-ogoh di Lapangan Agritech, Kota Batu, Senin (11/3/2013). Pembakaran ogoh-ogoh ini dilakukan usai Upacara Tawur Agung Kesanga, sehari menjelang Hari Raya Nyepi, yang jatuh pada Selasa (11/3/2013). – Foto: Kompas.com

BATU, MALANGRAYA.info – Ribuan umat Hindu di Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu) Jawa Timur, menggelar upacara Tawur Agung Kesanga, yang dilanjutkan dengan pembakaran ogoh-ogoh Butakala, Senin (11/3/2013), sehari menjelang perayaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Selasa (12/3/2013).

Baca Juga

Upacara yang bertujuan membersihkan jagat raya dari hal-hal negatif tersebut dilaksanakan di Lapangan Agritech, Jalan Panglima Sudirman, Kota Batu, Senin (11/3/2013). Upacara Tawur Kesanga dilanjutkan dengan mengarak ogoh-ogoh dari Jalan Agritech hingga Alun-alun Kota wisata Batu. Setelah diarak, ogoh-ogoh yang melambangkan butakala itu kemudian dibakar.

“Ogoh-ogoh dibakar agar Butakala itu tidak mengganggu seluruh umat manusia di Indonesia, khususnya di Malang Raya,” jelas Ketut Gunawan, anggota panitia prosesi ritual Tawur Agung Kesanga.

Ketut menjelaskan, setelah mengikuti upacara Tawur Agung Kesanga, pada Selasa besok semua umat Hindu menghentikan semua aktivitas.

“Umat Hindu diwajibkan melaksanakan Catur Brata selama satu hari penuh. Ritual ini untuk menyambut Tahun Baru Saka 1953. Tahun lalu bakar ogoh-ogoh dilakukan di Lapangan Rampal Kota Malang,” kata Ketut.

Ketut kemudian mengungkapkan harapannya bahwa dengan dibakarnya ogoh-ogoh, bangsa Indonesia terhindar dan selamat dari segala bencana.

“Baik bencana alam dan bencara yang diakibatkan dari manusianya. Seperti perbuatan korupsi dan lainnya. Semoga Indonesia bersih dari korupsi,” katanya.

Memasuki Tahun Baru Saka 1935, tambahnya, umat Hindu dan seluruh umat lainnya, bisa lebih membangun kehamonisan dalam menjadi hidup dan mampu memberikan yang terbaik untuk negara dan bangsa. “Indonesia terhindari dari bencana bersih dari korupsi,” harapnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : Kompas.com
  • Dipublikasikan : Lukman Hakim
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs