Lintasan KA Tak Berpalang di Malang Masih Ada Ratusan

Senin, 11 Maret 2013 - 15:39 WIB • Dibaca 130 kali

Humas PT KAI Daerah Operasional (Daops) 8, Sumarsono. – Foto: beritajatim.com

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Sebanyak 691 lintasan kereta api di wilayah PT KAI Daerah Operasional (Daops 8) sekitar 400 perlintasan belum memiliki palang pintu.

Baca Juga

Akibatnya, perlintasan tanpa palang pintu tersebut membahayakan warga pengguna jalan jika ada kereta yang tiba-tiba melewati perlintasan tersebut. Apalagi di wilayah Kabupaten Malang tak jarang warga yang tertabrak kereta di perlintasan tanpa palang pintu.

Menurut Humas Daops 8, Sumarsono, antisipasi perlintasan kereta api tak berpalang pintu merupakan kompetensi pemerintah daerah. “Masalah itu yang berkompeten adalah pemda, kalau kami hanya memberikan himbauan pada warga untuk berhati-hati saat melewati perlintasan tersebut,” ujar Sumarsono saat berkunjung ke Stasiun Kotabaru Malang, Senin (11/3/2013).

Daops 8 mengusulkan agar pemerintah daerah mentup akses jalan yang dilewati oleh kereta api namun tak memiliki palang pintu. Dengan begitu, bisa meminimalisir kecelakaan yang terjadi. “Pemda setempat bisa membuatkan palang pintu jika tak ingin menutup akses jalannya,” katanya.

Saat ini, setiap perlintasan kereta api dijaga oleh empat petugas. Namun biasanya, kecelakaan yang terjadi di perlintasan kereta api akibat kecerobohan warga yang tidak berhati-hati dan tak mentaati rambu-rambu yang sudah ada. “Intinya untuk pengguna jalan supaya hati-hati, apalagi disana pasti sudah ada rambu-rambunya dan taatilah itu. Jika masayarakat ingin aman ya harus wasapada,” tandas Sumarsono.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs