Panitia Pilkades Sempalwadak Akan Tuntut Balik LIRA

Senin, 11 Maret 2013 - 12:29 WIB • Dibaca 182 kali

DPD LIRA Malang saat monitoring persiapan Pilkades di Desa Sempalwadak pada Senin (11/3/2013). – Foto: beritajatim.com

BULULAWANG, MALANGRAYA.info – Panitia Pilkades di Desa Sempalwadak, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, siap menuntut balik Lumbung Informasi Rakyat (LIRA). Seperti diberitakan sebelumnya, hasil monitoring DPD LIRA ditempat ini, ada dugaan penyimpangan dalam hal pembentukan panitia pilihan.

Baca Juga

LIRA menganggap pembentukan panitia pilkades melanggar perbup dan undang-undang. Menanggapi tudingan LIRA, Bambang Setyo Cahyono selaku Ketua Panitia Pilkades Sempalwadak mengaku siap menuntut balik LIRA jika memang panitia terus dipojokkan.

“Kalau memang LIRA terus memojokkan panitia pilkades, kami siap menuntut. Karena apa yang dilakukan panitia, sudah sesuai aturan,” ungkapnya, Senin (11/3/2013) siang.

Pada beritajatim.com, Bambang menuturkan, panitia sudah sesuai aturan. Kalau menyimpang, otomatis sudah diganti oleh muspika maupun muspida ditempat ini. Namun, sejauh ini memang tidak ada masalah.

Ia melanjutkan, apa yang dilakukan panitia pilkades tidak melanggar undang-undang. Yang dipermasalahkan LIRA sebenarnya adalah, soal Badan Pemerintahan Desa (BPD) dari 5 orang menjadi 3 orang. Permasalahan dalam BPD dikarenakan satu anggotanya meninggal dunia. Satu lagi menduduki jabatan sebagai kepala dusun.

“Didalam undang-undang BPD, seribu jiwa satu orang. Dua ribu jiwa dua orang. Begitu seterusnya. Jumlah penduduk Sempalwadak hanya 3 ribu jiwa. Dengan jumlah pemilih dalam pilkades 2366 orang. Ini artinya, BPD sudah memenuhi forum dalam kepanitiaan pilkades,” paparnya.

Ditambahkan Bambang, ia menganggap ada faktor X dalam permasalahan yang disikapi LIRA. Kalau memang panitia dianggap menyimpang dan tidak sah, tidak mungkin ketiga calon kandidat kepala desa akan mendaftar. “Kami melihat ada faktor X dalam permasalahan yang ditudingkan LIRA ke panitia. Kalau memang kami terus dipojokkan, LIRA akan kita tuntut nanti,” pungkasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs