Pemkot Diminta Awasi Distribusi Elpiji 3 KG

Senin, 11 Maret 2013 - 10:15 WIB • Dibaca 97 kali

ILUSTRASI – Foto: mayonalpuerta.blogspot.com

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Pertamina Rayon VI Malang meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Malang turut mengawasi pendistribusian tabung elpiji melon atau tiga kilogram. Pasalnya, terdapat indikasi warga yang mampu juga menggunakan tabung elpiji tersebut, padahal tabung elpiji bersubsidi ini hanya ditujukan pada warga kelas menengah ke bawah.

Baca Juga

“Pertamina hanya menyalurkan stok, sementara pengawasan ada di tangan pemerintah daerah mengenai siapa yang berhak mendapatkan elpiji tabung 3 kilogram,” kata Herdi Surya Indrawan, SR LPG Rayon VI Malang, Senin (11/3/2013).

Menurutnya, pengguna tabung elpiji dua belas kilogram di wilayah Malang kini berkurang sekitar 10 sejak adanya program konversi minyak tanah ke gas elpiji. Pengurangan itu disinyalir karena warga yang sebelumnya menggunakan tabung gas elpiji 12 kilogram berganti menggunakan elpiji melon. “Dari sebelum konversi sampek sekarang, kebutuhan tabung 12 kilogram berkurang sekitar 10 persen karena konsumen migrasi,” tuturnya.

Setiap harinya, Pertamina Malang menyediakan stok tabung elpiji melon sekitar 98 ribu tabung untuk disalurkan di wilayah Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu). Namun Heri menegaskan jika Pertamina tidak akan memberikan penambahan stok tabung elpiji melon jika permintaan meningkat. Sebab warga pengguna tabung elpiji bersubsidi di wilayah Nalang telah diperhitungkan sebelumnya. “Kita sudah bilang ke agen-agen tidak ada penambahan stok, kecuali saat momen-momen tertentu seperti lebaran,” tandasnya.

Ia menambahkan, ketentuan warga yang berhak menggunakan elpiji melon sudah diatur dalam Peraturan Menteri nomor 26 tahun 2009. Dimana pada salah satu poin mengatakan bahwa yang berhak menggunakan elpiji melon adalah warga masyarakat pengguna minyak tanah yang pengeluarannya tidak lebih dari Rp 1,5 juta per bulan.

“Jadi sudah diatur siapa yang berhak menggunakan tabung elpiji tiga kilogram. Kalau orang kaya menggunakannya, itu bisa dikatakan menyalahi aturan,” pungkas Herdi.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs