Enam Cawali Kota Malang Adu Visi-Misi Soal Pendidikan

Sabtu, 9 Maret 2013 - 18:19 WIB • Dibaca 576 kali

Foto: beritajatim.com

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Enam bakal calon walikota/wakil walikota Malang beradu visi misi mengenai pendidikan di Kota Malang dalam dialog publik yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang bekerjasama dengan IKIP Budi Utomo, Sabtu (9/3/2013).

Baca Juga

Dialog tersebut bertemakan ‘Pendidikan Kota Malang, Yok Opo?’, dalam rangka untuk menggali gagasan dan pemikiran calon pemimpin Kota Malang lima tahun ke depan. Pilwali Malang sendiri akan digelar pada 23 Mei mendatang.

Namun tidak semua bakal calon yang hadir, ada bakal bakal calon walikota Malang yang tidak hadir, yakni M. Anton calon walikota Malang yang diusung oleh Gerindra dan PKB. Serta istri Walikota Malang, Heri Pudji Utami yang diusung oleh Partai Golkar, PAN, dan 18 partai lainnya juga tampak tak hadir. Keduanya diwakili oleh wakilnya yakni Sutiaji dan Sofyan Edi Jarwoko. Sedangkan calon yang disuung oleh Partai Demokrat, Hanura, PKPB, dan PKS hanya dihadiri oleh bakal calon walikota Agus Dono, wakilnya Arif HS tampak tak datang.

Sementara calon yang diusung PDIP
Sri Rahayu-Priatmoko, serta dua bakal calon dari jalur independen Mujais-Yunar dan Dwi Cahyono-Uddin turut hadir dalam dialog publik ini. Moderator dialog ini adalah Sya’ban Rasidi yang merupakan dosen IKIP Budi Utomo Malang. Sedangkan yang berlaku sebagai panelis adalah Nurcholis S Rektor IKIP Budi Utomo, Mujia Raharja Rektor UIN Malang, serta Husnun Djuraid.

Enam bakal calon ini diberi waktu masing-masing tiga menit untuk menyampaikan visi dan misi jika calon yang bersangkutan terpilih menjadi walikota/wakil walikota Malang periode 2013-2018 mendatang.

Pasangan Anton-Sutiaji membawa misi ‘Malang Bermartabat’. Hal itu mengacu pada kondisi pendidikan Kota Malang yang selama ini dinilai belum merata antara sekolah di tengah kota dan pinggiran kota. “Kalau kami dipercaya untuk memimpin Kota Malang, kami akan membuat regulasi baru agar pendidikan merata, selama ini masih ada kesenjangan antara sekolah pinggiran dan sekolah tengah kota,” ujar calon wakil walikota, Sutiaji.

Hal serupa juga diungkapkan oleh calon wakil walikota dari Partai Golkar, Sofyan Edi Jarwoko. Menurutnya, dengan adanya kesenjangan sekolah, maka perlu komitmen yang kuat dari kepala daerah dari sektor pendidikan. “Harus ada komitmen kuat untuk bagamana mengatasi kesenjangan, salah satunya pendidikan yang lebih murah dan berkualitas,” tuturnya.

Hal berbeda diungkapkan oleh calon walikota dari Demokrat, Agus Dono. Menurut pria yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Jatim ini, sektor pendidikan mendominasi jumlah keluhan masyarakat. Untuk itu, ke depannya kualitas pelayanan publik harus diperbaiki. “Dinas Pendidikan Kota Malang harus memberikan pakta integritas pada sekolah, kalau memang diputuskan sekolah gratis, ya harus gratis. Itu sebagai salah satu bentuk pembenahan pelayanan publik,” kata dia.

Pasangan yang diusung PDIP, Sri Rahayu-Priatmoko berjanji akan menyamaratakan kualitas sekolah negeri dan swasta yang selam ini masih mengalami kesenjangan. “Sekolah swasta dan negeri harus seimbang,” tuturnya.

Sedangkan pasangan idependen Mujais-Yunar dan Dwi Cahyono-Uddin memaparkan tentang bagaimana pendidikan di Kota Malang agar lebih layak, mengingat selama ini Kota Malang mendapatkan julukan sebagai Kota Pendidikan.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
profil calon walikota malang pertanyaan seputar visi misi calon walikota berita malang raya berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 berita kriminal remaja daftar pemain AREMA 2012 batu town square daftar pemain arema harta karun majapahit keris luk 13 pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang pilkada malang 2013 pelacuran di malang sampah anorganik karoseri adi putro arema kerajaan singosari suporter terbanyak di indonesia this is arema arema 2011-2012 penemuan benda pusaka Berita kriminal pemerkosaan nexian pad pengolahan limbah sampah limbah sampah cross ad 305 sendang kamulyan ahmad bustomi daun emas nexian PAD G311 meteor cell malang diknas malang tempat prostitusi di malang berita tentang pencemaran udara Local Blogs
Local TopOfBlogs