Pengajuan Surat Pernyataan Miskin Meningkat

Jumat, 8 Maret 2013 - 13:43 WIB • Dibaca 251 kali

ILUSTRASI – Foto: republika.co.id

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Jumlah warga miskin pengguna kartu surat pernyataan miskin atau SPM untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis di Kota Malang, Jawa Timur, pada awal 2013 meningkat tajam, bahkan pada Februari hingga awal Maret sudah emncapai 465 jiwa.

Baca Juga

Ketua Komisi D DPRD Kota Malang Dra Fransiska Rahayu Budiwiarti, Jumat mengatakan, dibandingkan kurun waktu selama Januari-Desember 2012, pengajuan SPM sebanyak 3.200 jiwa, namun satu bulan terakhir ini sudah mencapai 465 jiwa, belum termasuk Januari lalu.

“Kami perkirakan warga miskin yang mengajukan SPM tahun ini akan meningkat tajam. Jika setiap bulan rata-rata 450 SPM yang dikeluarkan Dinas Kesehatan (Dinkes), selama tahun ini saja bisa mencapai 5.400-5.500 jiwa,” katanya, menambahkan.

Meski warga miskin yang menggunakan kartu SPM tersebut meningkat, katanya, pihak rumah sakit rujukan, yakni RSSA Malang dan RST Soepraoen harus tetap memberikan layanan prima. Oleh karena itu, Dinkes harus terus berkoordinasi dengan pihak rumah sakit rujukan.

Menyinggung anggaran untuk layanan pasien pengguna SPM tersebut Fransiska mengatakan, pihaknya sudah mendesak Dinkes untuk mengkaji kembali anggaran dalam APBD, sehingga bisa mengantisipasi kemungkinan membengkaknya pengajuan kartu SPM.

Politisi dari Partai demokrat itu mengatakan, alokasi anggaran untuk pasien miskin tahun ini sebesar Rp20 miliar, dengan rincian sebesar Rp4 miliar merupakan dana sharing dengan Pemprov Jatim dan Rp16 miliar dari APBD Kota Malang.

Jika anggaran sebesar Rp20 miliar tersebut masih kurang, lanjutnya, akan ditambah lagi sebesar Rp5 miliar dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) 2013.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs