PSK Ngantang – Pujon Siap Tinggalkan Lokalisasi

Jumat, 8 Maret 2013 - 08:10 WIB • Dibaca 2,999 kali

ILUSTRASI – Foto: antara

PUJON, MALANGRAYA.info – PSK (pekerja seks komersial) yang berada di Kecamatan Pujon dan Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang bersedia meninggalkan lokalisasi setelah mereka mengikuti bimbingan dan motivasi yang diadakan Dinsos dan LSM Paramitra pada Senin (4/3/2013) lalu.

Baca Juga

“Memang masih pernyataan secara lisan. Tapi nanti kalau semuanya sudah kita siapkan, kan ada BAP (berita acara perkara)-nya. Sehingga ada pernyataan tertulis,” kata Sri Wahjuni Pudji Lestari, Kadinsos Kabupaten Malang kepada Surya Online, Kamis (7/3/2013). Jumlah penghuni lokalisasi yang siap meninggalkan profesinya sebanyak 50 orang.

Rinciannya dari lokalisasi di Pujon ada 29 orang dan di lokalisasi Ngantang ada 21 orang. “Pada intinya, lokalisasi mereka bersedia ditutup atau keluar dengan catatan mereka minta diberikan pemberdayaan & keterampilan,” kata Yayuk, panggilannya. Selain PSK, mucikarinya juga ingin mendapat perhatian berupa pembekalan keterampilan.

“Mereka mau dilatih apa saja, asal bukan menjahit,” terangnya. Usia PSK di Ngantang masih muda atau usia produktif. Namun di Pujon, usianya beragam. “Malah sudah ada yang tua dan memang ingin keluar untuk momong cucu,” ceritanya. Soal bantuan permodalan untuk mereka yang mau keluar dari lokalisasi, kata Yayuk memang ada. Tapi ia tidak bersedia menyebut angkanya.

Ia berharap, dengan pemberian keterampilan dan diberdayakan, mereka diharapkan tidak kembali ke profesinya. “Apalagi program kerja Pak de Karwo, Gubernur Jatim, sampai 2014, Jawa Timur sudah bebas dari lokalisasi. Karena sudah ada 50 PSK yang ingin mentas dari lokalisasi, Dinsos makin bersemangat mencari PSK lagi untuk dimandirikan.

Pada tahun lalu, ada sembilan PSK yang diberdayakan dan keluar dari lokalisasi. Menurut Yayuk, yang sudah keluar maupun yang akan keluar nanti akan terus dipantau agar tidak kembali lagi ke profesi lama.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
lokalisasi di malang psk malang purel kota batu Psk di malang cari psk di malang lokalisasi di kota malang purel batu berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs