SMAN 3 Malang Juarai Olimpiade Teknik Kimia Nasional

Kamis, 7 Maret 2013 - 21:23 WIB • Dibaca 191 kali

Foto: himatekk-its.com

SURABAYA, MALANGRAYA.info – SMA Negeri 3 Malang menjuarai “National Olympiad of Chemical Engineering (Nopec) 2013″ atau kompetisi teknik kimia tingkat nasional yang digelar Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia ITS di kampus setempat pada 3 Maret lalu.

Baca Juga

“Kompetisi yang merupakan rangkaian dari Chemical Engineering Festival (Chernval) 2013 itu memberi tiket masuk Jurusan Teknik Kimia ITS bagi juara pertama,” kata ketua pelaksana Nopec-2013, Syauqi Fibiano Razak, di Surabaya, Kamis.

Oleh karena itu, tiga siswa SMAN 3 Malang yang saat ini berada di kelas III SMA mendapatkan tiket masuk gratis itu yakni Wuwuh Wijang Prihandini, Rizki Kurnia Mahardika, dan Syahijhan Amrullah. “Dalam kompetisi itu, mereka mengalahkan 17 tim lain,” katanya.

Ia menjelaskan Nopec 2013 merupakan gelaran ketiga kalinya. “Tujuannya untuk meningkatkan potensi dan wawasan siswa SMA se-derajat mengenai bidang Teknik Kimia. Ada 330 tim dari seluruh Indonesia yang mendaftar dan diseleksi secara daring (dalam jaringan/online),” katanya.

Untuk seleksi “daring”, katanya, seluruh tim yang telah mendaftar wajib mengerjakan soal dan mengirimkannya dalam kurun waktu tertentu. Dari seleksi itu, 17 tim berhasil terpilih untuk berlaga pada babak semifinalis.

“Tahap semifinal dilaksanakan di Jurusan Teknik Kimia ITS. Pada babak ini, peserta wajib mengikuti babak running laboratorium. Dalam setiap laboratorium, mereka mendapatkan presentasi seputar keilmuan yang dinaungi masing-masing laboratorium, di antaranya Laboratorium Pengendalian Proses, Mikrobiologi, Thermodinamika, Biomass, dan Teknologi Proses,” katanya.

Selanjutnya, peserta diminta untuk menyelesaikan studi kasus yang tidak jauh dari informasi setiap laboratorium. Dari hasil esai, lima tim yang berhasil lolos adalah SMAN 3 Malang, SMAN 5 Malang, SMAN 1 Tuban, SMAN 1 Jember, dan SMAN 10 Malang.

“Tahap final Nopec disajikan berbeda dengan olimpiade umumnya. Setiap peserta dituntut untuk melakukan percobaan iodometri di Laboratorium Kimia Analisa. Mereka juga harus menyelesaikan soal percobaan yang biasa dikerjakan mahasiswa semester 2,” katanya.

Selain percobaan, setiap peserta juga diminta menyiapkan presentasi tentang sebuah pabrik. Mereka juga dituntut untuk dapat menyelesaikan soal studi kasus yang berkaitan dengan pabrik tersebut. “Hasilnya dipresentasikan di hadapan tiga dosen Teknik Kimia,” katanya.

Akhirnya, SMA Negeri 3 Malang terpilih menjadi juara, disusul posisi kedua dan ketiga masing-masing diraih oleh SMA Negeri 1 Tuban dan SMA Negeri 5 Malang.

Chernival (Chemical Engineering Festival) 2013 terdiri dari tiga sub acara yakni Nopec pada 2-3 Maret 2013 (olimpiade Teknik Kimia khusus siswa-siswi SMA se-derajat).

Selain Nopec adalah “Chemical Engineering Car Competition atau Chem-e-Car pada 2-3 Mei 2013 (kompetisi mengadopsi dari Chem-e-Car Jerman yang merupakan kompetisi pembuatan mobil berbahan bakar alternatif berupa reaksi kimia) dan “Orange Day” atau Orday (4 Mei 2013).

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs