Puluhan Siswa Bolos Sekolah Terjaring Razia Satpol PP

Kamis, 7 Maret 2013 - 14:39 WIB • Dibaca 308 kali

Puluhan siswa bolos yang terjaring razia Satpol PP pada Kamis (7/3/2013) pagi. – Foto: beritajatim.com

KEDUNGKANDANG, MALANGRAYA.info – Sebanyak 30 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) terjaring razia Satpol PP ketika bolos sekolah di kawasan Velodrome Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, Kamis (7/3/2013). Mereka didapati bermain di kawasan olahraga tersebut dengan menggunakan seragam di jam belajar sekolah.

Baca Juga

Kasie Trantib Satpol PP Kota Malang, Karliono mengatakan, razia ini dilakukan atas kerjasama instansinya dengan Dinas Pendidikan Kota Malang. Tujuannya, untuk mendidik siswa agar tertib dan tidak membolos sekolah. “Kita hanya membantu Dinas Pendidikan untuk menghalau anak-anak yang tidak taat aturan sekolah. Di saat teman-temannya belajar, anak-anak ini malah asyik membolos di tempat-tempat umum,” kata Karliono di sela penertiban.

Meski razia anak sekolah ini baru dilakukan pertama kali di Kota Malang, Satpo PP dan Dinas Pendidikan berencana untuk menggelar razia secara rutin. Pasalnya, hingga kini masih banyak anak sekolah yang ditemukan membolos di tempat-tempat umum seperti GOR Ken Arok dan sejumlah mall. “Kalau anak-anak ingin bermain, mereka harus mendapat izin dari orang tua, tidak memakai seragam sekolah, dan yang jelas tidak pada saat jam belajar. Kami sudah lama memantau,” ujarnya.

Untuk sanksi, Satpol PP menyerahkan sepenuhnya pada Dinas Pendidikan, seperti pemberian pembinaan dan sanksi agar pelajar menjadi jera. “Kami hanya bertugas menertibkan, selanjutnya terserah Dinas Pendidikan,” tandas Karliono.

Sementara itu, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kedungkandang, Ahmadi mengaku, siswa yang tejaring razia tak hanya berasal dari Kota Malang. Namun juga dari Tumpang Kabupaten Malang. “Ada yang dari SMK 6, SMK 9 dan SMP dari Tumpang,” tutur Ahmadi.

Pihaknya mengungkapkan, jika Dinas Pendidikan sudah sering menegur siswa sekolah yang kedapatan bolos, namun tak dihirauakan. “Kami sudah mengingatkan tetapi mereka tetap saja bolos. Padahal kami khawatir, anak yang bolos itu akan terkena pengaruh buruk seperti merekok dan narkoba. Untuk itu, razia ini memang perlu dilakukan,” pungkasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs