PNS Terpidana Korupsi Masih Terima Gaji

Kamis, 7 Maret 2013 - 09:17 WIB • Dibaca 349 kali

ILUSTRASI – Foto: lensaindonesia.com

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Para terpidana korupsi yang telah divonis bersalah dan harus menjalani hukuman di penjara sampai sekarang tidak ada satupun yang dipecat dari keanggotaannya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Malang.

Baca Juga

Data yang dihimpun beritajatim.com, ada beberapa nama PNS diwilayah ini yang telah divonis bersalah secara hukum dan mendekam di penjara. Mereka ini menjalani proses hukum terkait penyalahgunaan jabatannya hingga menimbulkan kerugian Negara dalam bentuk tindak pidana korupsi.

Anehnya, meski berada dijeruji besi, mereka tetap menerima gaji rutin hingga saat ini. Beberapa PNS terpidana korupsi itu atas nama Khomsatun. Khomsatun, adalah Kepala Sekolah SD Negeri 1 Sidoluhur, Kabupaten Malang. Kemudian Imam Sahroni, Kepala SMP Negeri Jabung. Sulis, pegawai Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Ali Sobiri, Kabid Manfaat Dinas Energi Sumber Daya Mineral. Serta yang terakhir adalah Dicky W dari UPT Perijinan Kabupaten Malang.

Nama-nama PNS terpenjara itu atas kasus korupsi ditempatnya masing-masing. Khomsatun misalnya, ia divonis bersalah 3,5 tahun penjara karena korupsi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Rp157 juta.

Imam Sahroni divonis 2,5 tahun penjara dengan kasus sama. Hal serupa juga dilakukan Sulis maupun Ali Sobiri juga divonis korupsi dana di instansinya. Dan terakhir, Dicky W divonis 5 tahun penjara atas kasus korupsi retribusi IMB tower di instansinya.

Ironisnya, meski telah divonis bersalah dan telah bersifat inkrah, tidak ada pemecatan sebagai PNS. ”Ya bagaimana lagi, karena tidak ada surat resmi pemberitahuan mengenai hukuman yang divonis baik dari Kejaksaan maupun dari Pengadilan. Sehingga, kita tidak bisa memecatnya,” elak Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Suwandi, Rabu (6/2/2013) pada wartawan.

Menurutnya, berkali-kali pihaknya telah berkirim surat ke Kejaksaan Negeri Kepanjen serta Pengadilan Negeri mengenai persoalan tersebut. Namun, hingga sekarang tidak ada surat maupun pemberitahuan secararesmi kepada BKD.

Tanpa ada surat resmi mengenai salinan putusan vonis hukuman terhadap PNS yang terbukti bersalah secara hukum dalam kasus pidana yang berkaitan dengan jabatannya, pihaknya tidak bisa memecat PNS tersebut.”Harus ada surat resmi sebagai dasar, kalau tidak ada ya tidak bisa dihentikan,” paparnya.

Suwandi menjelaskan, kasus hukum yang berkaitan dengan jabatannya meski vonisnya kurang dari satu tahun bila bersalah tetap dipecat. Tidak harus minimal satu tahun hukuman penjara.

Namun, bila kasusnya di luar urusan jabatannya, seperti pidana umum, kriteria lamanya hukuman menjadi acuan dilakukannya pemecatan atau tidak dipecat.

Sekedar diketahui, bukan hanya beberapa nama di atas yang belum dipecat. Sejumlah nama PNS di Kabupaten Malang yang juga divonis bersalah tapi masih menempuh banding maupun Kasasi adalah Pejabat dilingkungan Sekretariat Dewan (Setwan) atas nama Rini Puji Astutik.

Rini masih menjabat Kabag Rumah Tangga dan Protokoler DPRD itu, divonis 1 tahun penjara. Hanya saja, Rini masih menempuh banding.

Hal sama juga dilakukan Ani Prihantari, mantan Sekretaris Dewan yang kini menjabat Kepala Dinas Sosial divonis, juga divonis 1 tahun penjara atas kasus korupsi pengadaan jaringan komputer di DPRD Kabupaten Malang.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs