Reklame Semrawut di KWB Akan Ditertibkan

Kamis, 7 Maret 2013 - 08:17 WIB • Dibaca 103 kali

Pemkota akan menertibkan papan reklame yang dianggap membahayakan pengguna jalan. – Foto: surya.co.id

BATU, MALANGRAYA.info – Pemkot Batu akan menyeragamkan ukuran papan reklame, yang kini dinilai sudah semrawut dan mengganggu keindahan sebagai Kota Wisata. Kepala Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT), M Syamsul Bakri, mengatakan penertiban dilakukan di kawasan jalan protokol. Seperti Jl Ir Soekarno, Gajah Mada, Sudirman, Dieng, Sultan Agung, Untung Suropati, dan Jl Bukit Berbunga.

Baca Juga

“Reklame-reklame itu selama ini masih semrawut, dan tidak mencerminkan Batu sebagai kota wiata. Karena itu harus ada langkah penertiban,” ujarnya, Rabu (6/3/2013).

Syamsul mengungkapkan, bentuk penertiban itu adalah dengan menyamatakan semua ukuran papan reklame. Ketinggian papan reklame, minimal 5 meter. Selain itu, tiang papan reklame akan diatur jaraknya dari ruas jalan dan trotoar dan tidak boleh di atas trotoar.

Sebagai tahap awal, aturan ini akan diterapkan di beberapa ruas jalan protokol. Ditargetkan sebelum Agustus 2013 penertiban ini sudah dilakukan dan diharapkan selesai tahun 2014. “Saya berharap sebelum lebaran tahun ini, ada sesuatu yang beda di Kota Batu,” pungkas Syamsul.

Dukungan Polisi

Rencana Pemkot Batu menertibkan papan reklame, mendapat dukungan dari pihak kepolisian. Alasannya, papan reklame yang semramut mengancam keselamatan pengguna jalan. Kasat Lantas Polres Kota Baru, AKP I Gusti Made Merta, mengakui banyak papan reklame yang tidak layak penempatannya, sehingga berpotensi mengancam keselamatan pengguna jalan.

Seperti papan reklame yang dipasang di tikungan jalan, sehingga mengurangi pandangan kendaraan yang hendak belok atau papan reklame yang pendek dan besar sehingga memakan bahu jalan. “Kami mendukung rencana penertiban yang dicanangkan Pemkot Batu,” katanya.

Berdasar pengamatan di lapangan, sejumlah papan reklame didirikan sembarangan. Seperti sebuah reklame di depan kantor Pemkot Batu, yang didirikan tepat di tengah-tengah trotoar. Ada juga dua buah reklame ukuran raksasa di sisi alun-alun, padahal wilayah tersebut seharusnya steril dari reklame.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs