Desa Wisata Temas, Destinasi Baru Kota Batu

Kamis, 7 Maret 2013 - 07:58 WIB • Dibaca 1,628 kali

Pintu masuk ke Desa Wisata Temas di Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Batu, Rabu (6/3/2013) – Foto: surya.co.id

BATU, MALANGRAYA.info – Sebuah wahana wisata baru diluncurkan Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Rabu (6/3/2013). Wahana yang diberi nama Kampung Wisata Tani ini berada di area persawahan. Lokasi dewa wisata baru ini berjarak sekitar dua kilometer dari Kota Batu. Tepatnya di belakang kantor kelurahan Temas.

Baca Juga

Sebuah jalan setapak mengantarkan pengunjung menuju lokasi. Jalan ini hanya cukup untuk sebuah motor. Di kanan kirinya berupa sawah milik warga. Berjalan sekitar 50 meter ke area persawahan terlihat sebuah gerbang. Gerbang ini terbuat dari bambu yang diikat tali ijuk, lengkap dengan atap yang juga terbuat dari ijuk. Gerbang inilah pintu masuk menuju lokasi wisata. Di lokasi ini terdapat 3 buah gazebo, dengan konstruksi mirip gerbang.

Sedangkan fasilitas utama berupa sebuah homestay yang terdiri dari empat kamar. Mengusung tagline Adventuring and Exploring Village, lokasi wisata baru ini akan diremikan Walikota Batu, Edi Rumpoko.

Lindungi Tanah Temas

Keberadaan Kawasan Kampung Wisata Temas menjadi potensi baru perekonomian warga. Namun kampung wisata ini juga berpotensi mengundang investor luar untuk membeli tanah warga.

Menurut Walikota Batu, Eddy Rumpoko, perlu komitmen yang kuat dari seluruh warga. Semua harus sepakat untuk menolak investor masuk ke Temas dan berinvestasi di area wisata.

“Kalau nanti investor masuk, maka yang akan menikmati adalah orang luar. Sedangkan warga akan tersingkir,” ujarnya, Rabu (6/3/2013).

Eddy berpesan agar semua warga tidak menjual tanahnya kepada orang luar. Jika ada warga ada yang menjual tanah ke orang luar, maka sebentar kemudian akan bermunculan vila-vila.

“Banyak kejadian di tempat lain, justru orang luar Batu yang membangun vila di lokasi wisata. Kalau sudah begitu habis sudah kampung wisata ini,” ucapnya.

Selain itu perlu keikutsertaan seluruh warga desa. Semua harus siap secara mental untuk menerima kedatangan wisatawan ke kampungnya. Kampung wisata, lanjut Eddy, adalah bentuk ekonomi warga desa secara bersama-sama.

“Warga desa yang harus menikmati hasilnya. Jangan sampai investor yang justru diuntungkan,” pungkasnya.

Kampung Wisata Temas diresmikan Eddy Rumpoko hari ini, Rabu (6/3/2013). Di lokasi ini berdapat sebuah cottage yang mempunyai delapan kamar. Kampung wisata ini juga menawarkan petualangan donut rafting, berkuda, memetik sayur organik sampai air soft gun.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Agus setiawan

    bangun kota Batu yang dengan Hijau,Kenapa…Kota Batu tak sedingin 2011.Waktu kami Mudik.2014 sudah mulai panas kota Batu banyak perumah bermunculan.Sungguh sangat berbeda waktu saya kecil.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs